• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCIENTIFIC REASONING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON

    Thumbnail
    View/Open
    F. KIP_Prosiding_Singgih B_PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCIENTIFIC.pdf (754.9Kb)
    Date
    2018-07-19
    Author
    Laily, Elvin Noer
    Bektiarso, Singgih
    Maryani, Maryani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam kurikum 2013, perlu adanya sumber belajar yang sesuai tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa misalnya LKS. Pembelajaran fisika terkadang kurang mengeksplorasi kemampuan berfikir atau bernalar sehingga menyebabkan hasil belajar fisika masih rendah. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk melatih kemampuan bernalar siswa, maka dikembangkan LKS berbasis scientific reasoning untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa di SMA. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Megidentifikasi validitas LKS berbasis scientific reasoning, (2) Mengidentifikasi keefektifan pembelajaran setelah menggunakan LKS berbasis scientific reasoning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R & D dengan model pengembangan Plomp yang terdiri atas: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/kontruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, (5) implementasi. Berdasarkan hasil analisis data rerata validasi ahli 4,025 dan validasi pengguna 4,35 yang dapat dikategorikan valid. Keefektifan ditinjau dari hasil belajar kognitif yang diperoleh dari uji coba terbatas yang dilakukan pada 10 orang siswa kelas X SMA Negeri Pakusari. Hasil analisis data keefektifan diperoleh dari hasil pre-test dan post-test, sehingga dihasilkan rata-rata N-gain 0,45 yang dapat dikategorikan “sedang”. Sehingga dapat disimpulkan LKS berbasis scientific reasoning valid dan efektif dalam pembelajaran fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86326
    Collections
    • LSP-Conference Proceeding [1877]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository