IDENTIFIKASI PENGUASAAN KONSEP ELASTISITAS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI
Date
2018-07-19Author
Romadhona, Brillianti Asfiyani
Prastowo, Sri Handono
Maryani, Maryani
Metadata
Show full item recordAbstract
Belajar merupakan suatu aktivitas yang menimbulkan perubahan yang relatif permanen sebagai akibat
dari upaya-upaya yang dilakukannya. Fisika merupakan mata pelajaran yang tidak hanya menghafal,
tetapi konsep-konsep fisika yang ada dalam fisika juga perlu pemahaman yang lebih. Salah satu
aktivitas belajar yang sering dilakukan adalah menemukan konsep-konsep materi elastisitas yang
ditemukan dalam kehidupan sehari hari. Identifikasi penguasaan konsep siswa perlu dilakukan karena
dapat mengetahui sejauh mana penguasaan konsep elastisitas siswa. Taksonomi SOLO dapat
dijadikan acuan untuk mengetahui seberapa jauh penguasaan konsep siswa. Tingkat penguasaan
konsep siswa menurut Taksonomi SOLO dikategorikan menjadi (1) prestructural., (2) unistructural .,
(3) multistructural., (4) relasional., (5) extended abstract. Jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mengetahui tingkat penguasaan konsep
elastisitas siswa menggunakan Taksonomi SOLO.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]