Hubungan Status Refraksi, dengan Kebiasaan Membaca, Aktivitas di Depan Komputer, dan Status Refraksi Orang Tua pada Anak Usia Sekolah Dasar (Relationship of Refraction Profile, with Reading Habit, Computer Activity, and Parental Refraction Profile on Primary School Children)
Abstract
Status refraksi seseorang dapat dipengaruhi oleh status faktor keturunan, kebiasaan membaca dan aktivitas di depan
komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola status refraksi, kebiasaan membaca, aktivitas di
depan komputer, dengan status refraksi orang tua pada anak usia sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan survei pada
siswa Madrasah Ibtidaiyah Khadijah kelas 4 sampai 6. Data tentang status refraksi orang tua serta kebiasaan membaca dan
aktivitas di depan komputer siswa diperoleh dengan menggunakan kuesioner, sedangkan status refraksi siswa diperoleh
dengan menggunakan lensa coba dan Snellen Chart. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas membaca dalam waktu lama
dan pada jarak dekat, kemudian rutinitas berada di depan layar komputer dengan durasi waktu yang panjang banyak
didapatkan pada siswa miopia. Sebagian besar siswa hiperopia dan miopia mempunyai orang tua dengan status refraksi
yang sama. Pada sebagian besar siswa yang tidak berkaca mata, orang tuanya juga tidak berkaca mata. Kebiasaan
membaca lama dan dekat, serta aktivitas di depan komputer yang lama banyak didapatkan pada status refraksi tertentu.
Status refraksi siswa sebagian besar sama dengan status refraksi orang tuanya. Hasil mengindikasikan hubungan pola
kebiasaan membaca dan penggunaan komputer serta status refraksi orang tua dengan status refraksi anak.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]