Pengembangan Indikator 4 C’s Yang Selaras Dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Smp/Mts Kelas Vii Semester 1.
Abstract
Salah satu pilar kesuksesan sebuah negara dalam upaya meningkatkan perkembangan dan kemajuan rakyatnya adalah pendidikan. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. The Partnership for 21st Century Skills (P21) telah mengembangkan Twenty-first century skills yang diperlukan untuk menyiapkan generasi muda yang luwes, kreatif dan proaktif. Untuk menghadapi tantangan di abad 21 ini, perlu dikembangkan Indikator dengan kemampuan 4 C‟s pada indikator pembelajaran yang ada pada Kurikulum 2013. Adapun indikator pembelajaran dan keterampilan inovasi yang diharapkan pada kerangka abad ke-21 tersebut adalah critical thinking, creativity, communicatin dan collaboration. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan indikator 4 C‟s yang selaras dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMP/MTs kelas VII semester 1.