Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Spldv Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Gaya Belajar.
Abstract
Pemberian soal matematika dalam bentuk cerita kepada siswa dimaksudkan untuk menujukkan kegunaannya yaitu memecahkan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Namun, kemampuan berpikir soal cerita matematika sampai saat ini dirasa masih sangat rendah. Budiyono (2008) mengemukakan bahwa soal yang masih tergolong sulit dikerjakan oleh siswa yaitu soal cerita. Peranan guru sangat penting dalam menentukan metode yang sesuai dan tepat dengan kondisi psikolog siswa. Selain dari pembelajaran guru, juga dipengaruhi karakteristik siswa yang dinamakan gaya belajar siswa dalam memahami konsep dari setiap materi. Menurut DePorter & Hernacki (2008:112), gaya belajar terbagi ke dalam tiga jenis yaitu visual, kinestetik, dan auditorial. Untuk itu perlu adanya analisis siswa dalam menyelesaikan soal dengan tujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan NEA ditinjau dari gaya belajar.