Analisis Proporsi Soal Problem Solving Pada Buku Pelajaran Matematika Sma Kelas X Kurikulum 2013.
Abstract
Pendidikan sejatinya merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan guna
menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam berbagai aspek
kehidupan, sehingga sumber daya manusia (SDM) yang merupakan output dari
penyelenggaraan pendidikan itu sendiri dapat menjadi individu yang unggul dan
berkualitas. Kurikulum 2013 ini lebih mendorong peserta didik agar mampu
dalam melakukan pengamatan (observasi), mengajukan pertanyaan, mencoba atau
bereksperimen, menganalisis dan mengkomunikasikan apa yang telah mereka
pelajari. Sejalan dengan perkembangan pendidikan dan kurikulum, sudah
selayaknyalah buku pelajaran yang beredar saat ini juga mengalami
perkembangan dan perbaikan. Selaras dengan segi content atau materi, scientific
approach juga wajib dimunculkan dalam soal-soal yang ada dalam buku tersebut.
Soal-soal pemecahan masalah (problem solving tasks) merupakan salah satu jenis
soal yang bisa mengimbangi karakteristik scientific approach yang ingin
dimunculkan dalam pembelajaran karena soal-soal jenis ini menuntut siswa
berpikir kreatif dan membutuhkan analisis terlebih dahulu untuk
menyelesaikannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar proposi
soal problem solving pada Buku Pelajaran Matematika SMA Kelas X.