PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGANALISIS DAN MENULIS TEKS EKSPOSISI ANALITIS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK SISWA KELAS X SMA
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Menganalisis dan Menulis Teks Eksposisi
Analitis Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Aplikasi Macromedia Flash 8 Untuk
Siswa Kelas X SMA merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu
pembelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut diwujudkan dalam media pembelajaran
yang dirancang secara terintegrasi dengan pendekatan saitifik, sehingga siswa mampu
berfikir kritis dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, pemanfaatan aplikasi
macromedia flash 8 dalam menciptakan media pembelajaran dapat menghasilkan
media yang menarik dan interaktif yaitu mampu menampilkan teks secara utuh
dengan gambar, suara, tombol interaktif, dan animasi sekaligus. Oleh karena itu,
maka dikembangkan media pembelajaran ini untuk meningkatkan minat siswa kelas
X SMA dalam menganalisis dan menulis teks eksposisi analitis. Permasalahan yang
dikaji pada penelitian pengembangan ini, yaitu: (1) profil media pembelajaran
menganalisis dan menulis teks eksposisi analitis berbasis pendekatan saintifik dengan
aplikasi macromedia flash 8, (2) validitas media pembelajaran menganalisis dan
menulis teks eksposisi analitis berbasis pendekatan saintifik dengan aplikasi
macromedia flash 8, (3) struktur penyajian media pembelajaran menganalisis dan
menulis teks eksposisi analitis berbasis pendekatan saintifik dengan aplikasi
macromedia flash 8, (4) respon siswa terhadap media pembelajaran menganalisis dan
menulis teks eksposisi analitis berbasis pendekatan saintifik dengan aplikasi
macromedia flash 8, dan (5) hasil belajar siswa dengan menggunakan media
pembelajaran menganalisis dan menulis teks eksposisi analitis berbasis pendekatan
saintifik dengan aplikasi macromedia flash 8.