• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS INTEGRASI HISTORY OF MATHEMATICS (HOM) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS X-IPA DI SMA NEGERI 1 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Bernadetta Patria Wibawa - 110210101057_.pdf (4.031Mb)
    Date
    2018-06-25
    Author
    WIBAWA, Bernadetta Patria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis observasi aktivitas siswa dalam penelitian ini ditinjau dari hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh 4 orang observer. Penilaian para observer pada pertemuan pertama, secara berurutan mulai dari observer 1 hingga 4 menunjukkan persentase 86,11%; 81,94%; 83,33%; dan 84,72%. Sedangkan penilaian para observer pada pertemuan kedua, secara berurutan mulai dari observer 1 hingga 4 menunjukkan nilai 93,05%; 86,11%; 86,11%; dan 91,66%. Kemudian yang terakhir, keefektifan produk LKS berbasis integrasi History Of Mathematics (HOM) atau sejarah matematika pada materi pokok relasi dan fungsi yang dikembangkan dalam penelitian ini ditinjau dari respon positif siswa yang menunjukkan. sebanyak ≥80% siswa memberikan respon positif (kategori „baik‟) pada setiap aspek yang ditanyakan. Dengan demikian produk LKS berbasis integrasi History Of Mathematics (HOM) atau sejarah matematika pada materi pokok relasi dan fungsi yang dikembangkan berada pada kategori valid, praktis, dan efektif. Sehubungan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut. (1) Bagi guru, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis integrasi History Of Mathematics (HOM) pada materi Relasi dan Fungsi Kelas X-IPA dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar yang dappat digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas untuk memacu motivasi siswa dalam mempelajari matematika dan melatih kemampuan mereka dalam memecahkan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dengan konsep matematika yang dipelajari. (2) peneliti yang ingin melakukan penelitian sejenis dapat mengambil materi berbeda dan jenjang pendidikan yang lainnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85964
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository