PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS INTEGRASI HISTORY OF MATHEMATICS (HOM) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS X-IPA DI SMA NEGERI 1 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Hasil analisis observasi aktivitas siswa dalam penelitian ini ditinjau
dari hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh 4 orang observer.
Penilaian para observer pada pertemuan pertama, secara berurutan mulai dari
observer 1 hingga 4 menunjukkan persentase 86,11%; 81,94%; 83,33%; dan
84,72%. Sedangkan penilaian para observer pada pertemuan kedua, secara
berurutan mulai dari observer 1 hingga 4 menunjukkan nilai 93,05%; 86,11%;
86,11%; dan 91,66%.
Kemudian yang terakhir, keefektifan produk LKS berbasis integrasi
History Of Mathematics (HOM) atau sejarah matematika pada materi pokok
relasi dan fungsi yang dikembangkan dalam penelitian ini ditinjau dari respon
positif siswa yang menunjukkan. sebanyak ≥80% siswa memberikan respon
positif (kategori „baik‟) pada setiap aspek yang ditanyakan. Dengan demikian
produk LKS berbasis integrasi History Of Mathematics (HOM) atau sejarah
matematika pada materi pokok relasi dan fungsi yang dikembangkan berada
pada kategori valid, praktis, dan efektif.
Sehubungan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat
dikemukakan beberapa saran sebagai berikut. (1) Bagi guru, Lembar Kerja
Siswa (LKS) berbasis integrasi History Of Mathematics (HOM) pada materi
Relasi dan Fungsi Kelas X-IPA dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
bahan ajar yang dappat digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas
untuk memacu motivasi siswa dalam mempelajari matematika dan melatih
kemampuan mereka dalam memecahkan berbagai permasalahan dalam
kehidupan sehari-hari dengan konsep matematika yang dipelajari. (2) peneliti
yang ingin melakukan penelitian sejenis dapat mengambil materi berbeda dan
jenjang pendidikan yang lainnya.