• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN ILL DAN WELL STRUCTURED PROBLEM SISWA SMAN 3 JEMBER PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON

    Thumbnail
    View/Open
    MARLINA PUJI RAHAYU -140210102018.pdf SDH.pdf (1.973Mb)
    Date
    2018-06-25
    Author
    RAHAYU, MARLINA PUJI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah adalah pertanyaan atau isu yang tidak pasti dan harus diperiksa dan dipecahkan. Berdasarkan strukturnya, masalah dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu masalah yang terstruktur dengan baik (well structured problem), dan masalah yang tidak terstruktur dengan baik (ill structured problem). Kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving) adalah aktivitas kognitif kompleks yang dimiliki individu dalam rangka menggunakan proses berpikirnya untuk memecahkan masalah melalui pengumpulan fakta, analisis informasi, menyusun berbagai alternatif pemecahan, dan memilih penyelesaian masalah yang efektif. Salah satu tujuan pembelajaran fisika dalam kurikulum 2013 adalah menciptakan manusia yang dapat menyelesaikan masalah yang kompleks dengan cara menerapkan pengetahuan dan pemahaman mereka pada situasi sehari-hari. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran fisika, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengintensifkan pengembangan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah fisika sebagai pemeriksaan hasil belajar melalui proses-proses sains dengan menggunakan metode ilmiah. Dilandasi akan pentingnya kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving) yang sudah dijelaskan maka identifikasi mengenai kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving) sangat diperlukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penentuan daerah penelitian ini dengan menggunakan metode purpose sampling area. Daerah yang digunakan sebagai daerah penelitian adalah SMA Negeri 3 Jember dengan beberapa pertimbangan tertentu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPA 5 dan X IPA 6 di SMA N 3 Jember. Penelitian dilaksanakan pada awal semester genap tahun 2017/2018.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85950
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository