• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN TAKSONOMI ANDERSON MATERI LISTRIK STATIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XII DI SMA KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    NISPUL LAILI-140210102015_.pdf (6.263Mb)
    Date
    2018-06-22
    Author
    LAILI, Nispul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan ilmu yang mendasari semua cabang sains karena berhubungan dengan perilaku dan struktur materi. Mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang sulit. Berdasarkan data nilai UN di Kabupaten Banyuwangi menunjukkan bahwa terjadi penurunan dari tahun 2015 sampai 2017 pada mata pelajaran Fisika. Menurut Standar Nasional Pendidikan, pembelajaran fisika harus dikonstruksi sedemikan rupa sehingga proses pembelajarannya dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan umum pembelajaran fisika yang menekankan pada penguasaan konsep agar pembelajaran tersebut lebih bermakna. Pembelajaran fisika di sekolah berorientasi pada teori, konsep, rumus dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan konsep adalah kemampuan siswa dalam domain kognitif yang berkenaan dengan ingatan, pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi dan pencipta atau kreasi. Penguasaan konsep yang telah diajarkan, baru dapat diketahui oleh guru bila telah diadakan evaluasi. Alat evaluasi yang dapat digunakan adalah alat klasifikasi tingkat evaluasi dengan Taksonomi Bloom Revisi (Taksonomi Anderson). Widodo menyatakan pembacaan yang tertarik untuk mengetahun perbedaan antara taksonomi yang lama dan penjelasan lebih rinci mengenai taksonomi yang baru (Taksonomi Anderson) dan pemanfaatan dalam perumusan tujuan pembelajaran dapat membaca tulisan penulisan sebelumnya. Pada materi Listrik Statis terlihat langsung di kehidupan sehari-hari tetapi banyak siswa yang tidak mengetahui konsep Listrik Statis yang ada di lingkungannya, serta banyak siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep yang sering terjadi kesalahan konsep (miskonsepsi). Penguasaan konsep dapat membantu mengurangi miskosepsi pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dimaksud untuk menyelidiki keadaan kondisi, atau hal-hal lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA (ilmu pengetahuan Alam) dari tiga sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Genteng sebagai SMAN X, SMA Negeri 1 Glenmore sebagai SMAN Y, dan SMA Negeri 1 Muncar sebagai SMAN Z. Penguasaan konsep pada SMAN X pada pokok bahasan listrik statis yaitu 67% berkategori cukup baik. SMAN Y penguasaan konsep pada pokok bahasan listrik statis yaitu 66% berkategori cukup baik. SMAN Z penguasaan konsep pada pokok bahasan listrik statis yaitu 50% berkategori kurang baik. Penguasaan konsep berdasarkan indikator penguasaan konsep Taksonomi Anderson menunjukkan bahwa persentase penguasaan konsep setiap indikator dari ketiga sekolah paling tinggi pada indikator mengingat (C1) SMAN X, memahami (C2) SMAN Y, mengaplikasikan (C3) SMAN X, menganalisis (C4) SMAN Z, mengevaluasi (C5) SMAN X, menciptakan (C6) SMAN Y.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85921
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository