PENGARUH BESARAN BIAYA CSR DAN GCG TERHADAP RESPON MASYARAKAT DAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI periode 2011-2015)
Abstract
Kinerja perusahaan merupakan hal penting yang harus dicapai oleh setiap
perusahaan. Karena kinerja merupakan cerminan atas kemampuan perusahaan
dalam mengelola dan juga mengalokasikan sumber dayanya. Kinerja perusahaan
memiliki hubungan dengan pengungkapan besaran biaya CSR, GCG dan respon
masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung
besaran biaya CSR, GCG dan respon masyarakat terhadap kinerja perusahaan,
serta menganalisis pengaruh tidak langsung besaran biaya CSR, GCG terhadap
kinerja perusahaan melalui respon masyarakat.
Penelitian dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI
periode 2011-2015. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dalam
mempertimbangkan pembuatan keputusan untuk menginvestasikan dananya pada
bank bagi investor dan calon investor, masyarakat dan lebih luas lagi stakeholder.
Bagi emiten hasil temuan ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam
pembuatan keputusan dalam mengoptimalisasi respon masyarakat melalui
pelaporan dan pengungkapan informasi tidak hanya yang bersifat financial saja
tetapi dari segi non financial juga untuk memperoleh manfaat yang besar bagi
eksistensi dan keberlangsungan perusahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Model pengujian yang
digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2011-2015,
dengan populasi sejumlah 41 perusahaan. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling bertujuan (purposive sampling), kemudian
memperoleh 28 perusahaan yang memenuhi kriteria, sehingga total sampel adalah
140 observasi (firm – years).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Besaran biaya CSR berpengaruh
positif terhadap respon masyarakat. (2) GCG berpengaruh negatif terhadap respon masyarakat. (3) Besaran biaya CSR berpengaruh positif terhadap kinerja
perusahaan. (4) Tata kelola perusahaan yang baik berpengaruh positif signifikan
terhadap nilai perusahaan. (5) GCG tidak berpengaruh terhadap kinerja
perusahaan. (6) Respon masyarakat berpengaruh positif terhadap kinerja
perusahaan. (7) Besaran biaya CSR berpengaruh positif terhadap kinerja
perusahaan dengan respon masyarakat variabel intervening. (8) GCG berpengaruh
positif terhadap kinerja perusahaan dengan respon masyarakat sebagai variabel
intervening
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]