• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Tindak Tutur Menolak Anak Usia 7 Tahun

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Maryamah - 130210402046.pdf (1.554Mb)
    Date
    2018-05-28
    Author
    Maryamah, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Melalui bahasa, seseorang dapat mengungkapkan segala sesuatu yang terdapat di dalam hati dan pikirannya. Bahasa digunakan oleh semua manusia dari berbagai usia, baik dewasa, remaja, maupun anak-anak. Saat berbahasa, anak-anak memproduksi berbagai tindak tutur dalam berbagai peristiwa, salah satunya adalah tindak tutur menolak. Anak-anak memiliki berbagai macam strategi untuk menolak permintaan, ajakan, dan perintah orang lain apabila anak tidak ingin memenuhinya. Tindak tutur menolak yang dilakukan oleh anak usia 7 tahun memiliki keunikan-keunikan tertentu sehingga sangat menarik untuk diteliti. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah strategi tindak tutur menolak anak usia 7 tahun melalui pendayagunaan unsur lingual?, (2) bagaimanakah strategi tindak tutur menolak anak usia 7 tahun melalui pendayagunaan konteks?, dan (3) bagaimanakah strategi tindak tutur menolak anak usia 7 tahun melalui pendayagunaan unsur lingual dan kontekstual? Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif interpretatif. Data dalam penelitian ini adalah segmen tutur dan konteks tutur yang diindikasikan memuat tindak tutur menolak. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak usia 7 tahun yaitu Eliana Kafiana. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi (pengamatan). Observasi dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu: (1) teknik catatan lapang, (2) teknik rekam, dan (3) teknik elisitasi. Analisis data yang dilakukan dengan metode kualitatif, yang terdiri dari tiga proses, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85800
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15356]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository