• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PEMASARAN KOMODITAS NANAS (Ananas comosus (L.) Merr.) BERBASIS STRUCTURE CONDUCT PERFORMANCE (SCP) DI KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI

    Thumbnail
    View/Open
    Suci Rahayu_131510601125.pdf SDH.pdf (5.240Mb)
    Date
    2018-05-07
    Author
    Rahayu, Suci
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah salah satu produk hortikultura yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan sebagai komoditas unggulan di Indonesia. Kabupaten Kediri merupakan sentra produksi nanas terbesar di Jawa Timur dan Kecamatan Ngancar dengan produksi tertinggi sehingga kegiatan pemasaran terpusat di lokasi ini. Petani sebagai produsen hanya sebagai penerima harga. Posisi petani lemah karena permodalan kurang dan nanas dapat dipanen minimal limabelas bulan membuat petani melakukan peminjaman modal dan terlibat sistem ijon. Agroindustri berbahan baku nanas belum dikembangkan menjadikan nanas banyak didistribusikan ke luar kota menjadikan panjangnya saluran pemasaran. Hal ini berdampak pada tingginya margin pemasaran dan rendahnya penerimaan produsen. Harga nanas yang diterima petani dengan harga yang dibayarkan konsumen menunjukkan adanya perbedaan harga yang tinggi. Serta penurunana harga di tingkat produsen tidak diimbangi dengan penurunan harga di tingkat konsumen justru harga di tingkat konsumen mengalami kenaikan. Penelitian di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri bertujuan untuk mengetahui: 1).Struktur pasar pada pemasaran nanas 2).Perilaku pasar pada pemasaran nanas 3).Kinerja Pasar pada pemasaran nanas. Pengambilan contoh di tingkat petani menggunakan random sampling dan didapatkan responden sebanyak 40 petani nanas. Pengambilan contoh di tingkat lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan 40 petani nanas dan data sekunder berupa data harga mingguan dan bulanan nanas di tingkat produsen dan konsumen sejak bulan Januari 2012- Agustus 2017. Data yang diperoleh ini kemudian dianalisis menggunakan pendekatan Structure Conduct Performance (SCP) dengan beberapa alat analisis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85706
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4425]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository