• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS POTENSI LOKAL DALAM PENINGKATKAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF PADA PEREMPUAN PERDESAAN DI KABUPATEN JEMBER (Tahun ke 1)

    Thumbnail
    View/Open
    F. KIP_Lap. Pen_Deditiani TI_Model Pendidikan Keaksaraan.pdf (1003.Kb)
    Date
    2018-04-27
    Author
    Hendrawijaya, Arief Tukiman
    Indrianti, Deditiani Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian memiliki tujuan dalam merumuskan model pembelajaran pada program pendidikan keaksaraan fungsional guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan perdesaan yang sesuai dengan konsteks lokal, sehingga perempuan mampu membaca peluang usaha yang dapat menjadi sumber ekomoni untuk menanggulangi kemiskinan. Fokus kajian penelitian dilatarbelakangi adanya kondisi bahwa perempuan di daerah perdesaan merupakan penyangga kebutuhan ekonomi keluarga. Namun, disisi lain perempuan perdesaan belum memiliki kecakapan hidup yang memadai. Perempuan perdesaan merupakan penyandang buta aksara terbesar di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, perlu cara yang tepat dan mendasar sebagai bentuk percepatan pemberantasan buta aksara guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan perdesaan dalam membaca peluang ekonomi yang sesuai dengan konteks lokal. Model pemberantasan buta aksara yang dihasilkan dari kegiatan penelitian ini diharapkan menjadi bahan referensi aplikatif bagi para penentu kebijakan guna mengurangi dan menuntaskan jumlah buta aksara di Kabupaten Jember, terutama pada perempuan perdesaan. Dimana, program pendidikan keaksaraan yang dilakukan di Kabupaten Jember masih bersifat parsial belum mampu menjawab kebutuhan warga belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan program yang hanya mengenalkan huruf serta angka. Akibatnya pembelajaran kurang bermakna dan kurang menarik. Disisi lain, penyandang buta aksara memerlukan peningkatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Mengingat masyarakat penyandang buta aksara adalah masyarakat miskin dan kurang berdaya, akibat rendahnya pengetahuan dasar. Data penelitian yang dikumpulkan pada kegiatan penelitian ini bersifat primer dan skunder, untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif. Sampel diambil dengan cara snowball sampling melalui metode wawancara mendalam serta pengamatan terlibat. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara terstruktur. Data yang dikumpulkan akan diolah dan dianalisi dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Dari data yang dihimpun ditemukan adanya potensi sumberdaya alam maupun sosial ditingkat lokal yang berpeluang sebagai sumber ekonomi. Terdapat keterbatasan keterampilan perempuan dalam memanfaatkan potensi tersebut. Melalui kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam materi membaca, menulis dan berhitung, serta dikuatkan dengan keterampilan dalam memanfaatkan potensi alam sebagai sumber ekonomi perempuan akan diberdayakan. Kemampuan tersebut dapat menjadi penggerak perubahan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85633
    Collections
    • LSP-The Research [168]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository