• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS POTENSI LOKAL DALAM PENINGKATKAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF PADA PEREMPUAN PERDESAAN DI KABUPATEN JEMBER (Tahun ke 2)

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    F. KIP_Lap. Pen_Deditiani TI_Model Pendidikan Keaksaraan (Tahun 2).pdf (1.349Mb)
    Date
    2018-04-27
    Author
    Hendrawijaya, Arief Tukiman
    Indrianti, Deditiani Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan lanjutan tahun I yang telah menemukan bentuk potensi sumberdaya lokal yang berpeluang untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam program pendidikan keaksaraan fungsioanal guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan. Adapun bentuk sumberdaya lokal tersebut antara lain sumberdaya alam dan sumberdaya sosial yang dapat menjadi modal perempuan untuk melakukan strategi adaptasi dalam menanggulangi kemiskinan. Temuan tersebut menjadi langkah awal untuk merumuskan model pembelajaran pada program pendidikan keaksaraan fungsional guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan perdesaan yang sesuai dengan konsteks lokal, sehingga perempuan mampu membaca peluang usaha yang dapat menjadi sumber ekomoni untuk menanggulangi kemiskinan. Fokus kajian penelitian dilatarbelakangi adanya kondisi bahwa perempuan di daerah perdesaan merupakan penyangga kebutuhan ekonomi keluarga. Namun, disisi lain perempuan perdesaan belum memiliki kecakapan hidup yang memadai. Selain itu, perempuan perdesaan merupakan penyandang buta aksara terbesar di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, perlu cara yang tepat dan mendasar sebagai bentuk percepatan pemberantasan buta aksara guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan perdesaan dalam membaca peluang ekonomi yang sesuai dengan konteks lokal. Penelitian lanjutan ini akan lebih banyak mengumpulkan data primer dan skunder, untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan mix metode. Sampel diambil dengan cara snowball sampling melalui metode wawancara mendalam serta pengamatan terlibat serta populasi, yaitu perempuan yang tercatat sebagai warga belajar. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara terstruktur dan kuesioner. Data yang dikumpulkan akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi dan T-tes. Hasil penelitian diharapkan terbit dalam jurnal terakreditasi serta buku pedoman penyelenggaraan program penuntasan buta aksara berbasis konsteks lokal pada perempuan perdesaan, serta buku referensi sebagai bahan ajar. Model Pendidikan keaksaraan berhasil merumuskan adanya potensi lokal yang berupa lembaga kemasyarakatan dan berpotensi sebagai penyelenggara program. Adapun sumberdaya alam memiliki potensi sebagai sumber ekonomi perempuan sebagai penyangga ekonomi rumah tangga. Harapannya program pendidikan keaksaraan dapat menjawab kebut uhan masyarakat dan mampu menciptakan dan menumbuhkan jiwa wirausaha pada perempuan perdesaan. Mengingat masyarakat penyandang buta aksara adalah masyarakat miskin dan kurang berdaya, akibat rendahnya pengetahuan dasar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85632
    Collections
    • LSP-The Research [168]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail