PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN RAMBIGUNDAM 01 JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan pada
bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penerapan
metode pembelajaran TPS (think pair share) terhadap hasil belajar siswa kelas V
pada pembelajaran IPA pokok bahasan penyesuaian diri hewan di SDN
Rambigundam 01 Jember. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai post-test pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pada kelas eksperimen sebesar
82,454, sedangkan kelas kontrol sebesar 73,681. Berdasarkan hasil uji-t yang telah
dilakukan besarnya nilai thitung yang diperoleh sebesar 3,012, sedangkan nilai ttabel
pada taraf signifikasi 0,01 dengan derajat kebebasan 42 sebesar 2,018, dapat
dilihat thitung > ttabel (3,012 > 2,018) Ha yang menyatakan ada pengaruh penerapan
metode pembelajaran TPS terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran
IPA di SDN Rambigundam 01 Jember diterima.