Implementasi Tanggung-Jawab Sosial Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan Bondowoso
Abstract
Tanggung-jawab sosial perusahaan adalah sebuah kewajiban organisasi yang tidak hanya menyediakan barang dan jasa yang baik bagi masyarakat tetapi juga harus mempertahankan kualitas sosial maupun fisik dan juga memberikan kontribusi lebih terhadap kesejahteraaan komunitas dimana mereka berada, sehingga tanggung-jawab sosial perusahaan tidak hanya mencakup aktivitas perusahaan dengan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya tetapi juga upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan juga memperhatikan kepentingan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya yaitu konsumen pemerintah maupun karyawan dalam melaksanakan kewajiban dalam sebuah organisasi perusahaan. PT. (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan Bondowoso melaksanakan tanggung-jawab sosial perusahaan baik secara internal dan eksternal. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi Tanggung Jawab Sosial PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan Bondowoso.
Metode penelitian, menggunakan metode deskriptif. lokasi penelitian di jalan Kolonel Sugiono No. 30, Bondowoso, Informan penelitian ini diambil secara Purposive sampling sesuai dengan keterkaitan dengan masalah yang diteliti. Pengumpulan data Primer dengan Tekhnik Observasi dan Wawancara. Sedangkan pengumpulan data Sekunder melalui Studi Kepustakaan dan Dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Domain dari Analisis Taksonomi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah cukup baik ditandai dengan sedikitnya keluhan-keluhan masyarakat diiringi perbaikan pelayanan-pelayanan terhadap masyarakat yang terus di tingkatkan.