• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARANSEJARAH DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Yayak Hidayat 110210302060.pdf SDH.pdf (2.081Mb)
    Date
    2018-04-04
    Author
    Hidayat, Yayak
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran sebagai sub sistem pendidikan di era modern saat ini menekankan pada upaya mengaktifkan keterlibatan peserta didik secara mandiri melalui kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada penemuan dan pencarian. Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Rambipuji menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran belum maksimal hal ini mengakibatkan peran peserta didik di kelas menjadi sangat terbatas, peserta didik hanya mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh pendidik dan mengerjakan tugas yang diberikan pendidik. Hal ini berdampak pada kreativitas dan hasil belajar peserta didik rendah. Rendahnya kreativitas tersebut terlihat dari kurangnya rasa ingin tahu yang luas dan mendalam, mengajukan pertanyaan yang baik masih rendah, kurang memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah, bebas dalam menyatakan pendapat masih rendah Sedangkan rendahnya hasil belajar sejarah terlihat dari nilai rata-rata kelas yang belum tuntas. Berdasarkan latar belakang di atas, model pembelajaran Creative Problem Solving digunakan untuk memperbaiki permasalahan rendahnya kreativitas dan hasil belajar sejarah. Model pembelajaran Creative Problem Solving menekankan pada keaktifan peserta didik, sehingga dapat merubah kondisi belajar pasif menjadi aktif sehingga mempengaruhi kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran Creative Problem Solving dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan rendahnya kreativitas dan hasil belajar sejarah
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85211
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository