PENGEMBANGAN INDIKATOR 4C'S YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA KELAS X SEMESTER 1
Date
2018-04-04Author
Sunardi, Sunardi
Kurniati, Dian
Sugiarti, Titik
Yudianto, Erfan
Nurmaharani, Rika
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan indikator 4C’s yang selaras dengan
kurikulum SMA/MA yang digunakan di Indonesia yaitu kurikulum 2013 pada mata pelajaran
matematika SMA kelas X semester 1 yang terdiri dari 3 bab yaitu: sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel yang memuat nilai mutlak, SPLTV, dan fungsi. Kegiatan
penelitian dimulai dari analisis masalah kurikulum di Indonesia dan menganalisis literatur
kemampuan 4C’s menurut Partnership 21th Century Learning (P21). Kegiatan selanjutnya adalah
merancang Indikator 4C,s yang selaras dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika
SMA/MA kelas X semester 1. Produk yang dihasilkan yaitu Indikator 4C’s yang selaras dengan
kurikulum 2013 disajikan dalam vorum diskusi (kolokium). Kemudian produk tersebut direvisi
berdasarkan saran dari peserta kolokium. Kegiatan terakhir yaitu membagikan produk yang valid
kepada peserta kolokium sebagai panduan penyusunan rencana pembelajaran. Penelitian ini
menghasilkan indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum di Indonesia yaitu kurikulum 2013.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]