MEDIA PEMBELAJARAN FLASH DOUBLE-DISPLAY PADA PEMBELAJARAN GELOMBANG MEKANIK DI SMK (SMK Mabdaul Ma’arif Jombang Jember)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
menguji coba alat bantu pembelajaran berupa berupa Media Pembelajaran Flash
Double-Display pada Pembelajaran Gelombang Mekanik. Flash Double-Display
adalah media turunan dari Flash Flipbook berupa media dengan tampilan ganda
yang dibuat menggunakan bantuan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Media
pembelajaran Flash Double-Display adalah media yang dioperasikan
menggunakan perangkat komputer sehingga dalam rangka efisensi kegiatan
penelitian, maka peneliti memilih SMK dengan Program Keahlian Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai tempat penelitian dengan asumsi bahwa
SMK tersebut memiliki laboratorium komputer yang memadai dan siswa di SMK
tersebut telah memiliki pengetahuan awal dalam mengoperasikan media berbasis
komputer.
Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI Program
Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang berjumlah 30 orang. Metode
pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Pada penelitian ini,
desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test and post-test,
sehingga dalam satu pertemuan dilakukan tes terhadap siswa untuk mengetahui
perubahan kemampuan siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran Flash Double-Display yang selanjutnya
dianalisis menggunakan Uji N-gain serta selama pembelajaran dilakukan
observasi terhadap aktivitas siswa.
Hasil uji coba yang dilakukan selama tiga pertemuan menunjukkan bahwa
siswa memperoleh rata-rata pre-test sebesar 36,95 dan rata-rata post-test sebesar
67,72 dengan rata-rata hasil Uji N-gain sebesar 0,49 dengan kategori dengan
kriteria sedang dan rata-rata aktivitas sebesar 86% dengan kategori aktivitas
sangat aktif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan
bahwa 1) aktivitas siswa saat menggunakan Media Pembelajaran Flash Double-
Display pada Pembelajaran Gelombang Mekanik terkategori sangat aktif dengan
indikator rata-rata persentase aktivitas yang diperoleh sebesar 86% dan 2) hasil
belajar siswa saat menggunakan Media Pembelajaran Flash Double-Display pada
Pembelajaran Gelombang Mekanik terkategori cukup baik dengan indikator ratarata
nilai uji N-gain terhadap skor pre-test dan skor post-test yang diperoleh
sebesar 0,49 dengan kriteria sedang sehingga Media Pembelajaran Flash Double-
Display tergolong cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.