PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN MATA UANG
Abstract
Pembelajaran matematika di SDN Jumerto 02 Jember dilihat dari hasil
belajar yang diperoleh siswa pada Ujian Akhir Semester masih rendah. Dari 43
siswa, hanya 18 siswa atau 41,86% siswa yang nilainya memenuhi KKM (≥ 66).
Model pembelajaran yang sering digunakan oleh guru dalam mengajar masih
konvensional sehingga siswa cenderung pasif dan hanya beberapa siswa yang
berani bertanya kepada guru tentang materi yang belum dimengerti. Rumusan
masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bagaimanakah
penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan
mata uang di kelas III SDN Jumerto 02?, (2) Bagaimanakah aktivitas belajar
siswa dengan menerapkan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada
pokok bahasan mata uang?, (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan
menerapkan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan
mata uang?.
Dari rumusan masalah tersebut, ditentukan tujuan penelitian sebagai
berikut: (1) menelaah penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya
pada pokok bahasan mata uang di kelas III SDN Jumerto 02, (2) meningkatkan
aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran pemecahan masalah
model Polya pada pokok bahasan mata uang,(3) meningkatkan hasil belajar siswa
dengan menerapkan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok
bahasan mata uang.