• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RESPONSIVITAS KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BANYUWANGI DALAM PELAYANAN PENERBITAN SERTIFIKAT TANAH

    Thumbnail
    View/Open
    Nisa Akum Hasbi Islami - 100910201084.pdf SDH.pdf (3.558Mb)
    Date
    2018-04-03
    Author
    Islami, Nisa Akum Hasbi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Responsivitas Kantor Pertanahan dalam Pelayanan Penerbitan Sertifikat Tanah. Responsivitas merupakan suatu hal yang penting dalam penyelanggaraan pelayanan publik oleh birokrat. Hal tersebut didukung oleh Widodo (200:257) yang berpendapat bahwa birokrasi publik yang baik adalah jika mereka dinilai mempunyai responsivitas (daya tanggap) yang tinggi terhadap apa yang menjadi permasalahan, kebutuhan, keluhan dan aspirasi masyarakat yang diwakilinya Menurut Agus Dwiyanto (2008:62) Responsivitas adalah kemampuan birokrasi untuk mengenali kebutuhan masyarakat, menyusun agenda dan prioritas pelayanan, serta mengembangkan program-program pelayanan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Indikatornya adalah Terdapat tidaknya keluhan dari pengguna jasa, sikap aparat birokrasi dalam merespon keluhan dari pengguna jasa, penggunaan keluhan dari pengguna jasa sebagai referensi bagi perbaikan penyelenggaraan pelayanan di masa mendatang, berbagai tindakan aparat birokrasi untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada pengguna jasa, serta penempatan pengguna jasa oleh aparat birokrasi dalam sistem pelayanan yang berlaku. Kantor Pertanahan merupakan instansi pelayanan publik yang sering mendapat keluhan tentang jeleknya pelayanan. Selama observasi yang dilakukan oleh peneliti di Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi, ditemukan bahwa terdapat penolakan pelayanan dikarenakan berkas yang dibawa pemohon pelayanan sertifikat tanah kurang lengkap hal tersebut mengindikasikan kurangnya penyebaran informasi dari Kantor Pertanahan Banyuwangi kepada masyarakat pengguna jasa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85143
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5640]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository