PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT TELKOM INDONESIA CABANG LUMAJANG
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan perusahaan penyedia jasa
telekomunikasi yang semakin berkembang di seluruh Indonesia. Persaingan yang
kompetitif menuntut PT Telkom Indonesia khususnya cabang Lumajang untuk
memasarkan produk Indihome dengan merancang komunikasi pemasaran yang
tepat. PT Telkom Indonesia cabang Lumajang paling sering menerapkan personal
selling untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumennya. Pengaruh
personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Telkom
Indonesia cabang Lumajang perlu diuji kembali untuk membantu perusahaan
menentukan bauran pemasaran yang tepat guna mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif eksplanasi. Penelitian eksplanasi merupakan penelitian yang bertujuan
untuk menjelaskan suatu generalisasi sampel terhadap populasinya dan
menjelaskan hubungan perbedaan atau pengaruh satu variabel dengan variabel
lainnya. Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah personal selling
sedangkan variabel dependen (Y) adalah keputusan pembelian konsumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan baru PT Telkom Indonesia
cabang Lumajang yang melakukan pembelian produk Indihome pada bulan
Januari sampai dengan bulan Maret tahun 2017 dan merupakan pelanggan
individu/rumahan yang berjumlah 817 pelanggan. Penentuan sampel dalam
penelitian ini menggunakan rumus Slovin karena memiliki asumsi populasi
berdistribusi normal dan homogen kemudian menghasilkan sampel sejumlah 269
orang. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi
linier sederhana, uji hipotesis (uji t dan analisis koefisien determinasi).