KONTRIBUSI RATING NIELSEN AUDIENCE MEASUREMENT INDONESIA (Pada Sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series di RCTI)
Abstract
Tukang Bubur Naik Haji merupakan program acara sinetron di stasiun televisi
RCTI dengan genre religi comedy. Kepopuleran serta berlanjutnya sinetron Tukang Bubur
Naik Haji The Series dari awal ditayangkan tanggal 28 Mei 2012, menciptakan isu bahwa
rating ikut berkontribusi dalam mempertahankan keberlanjutan sinetron tersebut.
Penelitian ini membahas tentang kontribusi rating Nielsen Audience Measurement
Indonesia pada keberlanjutan tayangan sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series.
Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui kontribusi yang diberikan media riset
terhadap keberhasilan suatu program acara televisi serta pengaruh yang diberikan rating
Nielsen Audience Measurement Indonesia pada keberlanjutan sinetron Tukang Bubur
Naik Haji The Series di stasiun televisi RCTI. Hasil penelitian menyatakan bahwa rating
Nielsen Audience Measurement Indonesia mempunyai peran penting dalam
keberlanjutan tayangan sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series, karena dalam bisnis
industri televisi, rating merupakan currency yang digunakan untuk menjual slot sebuah
tayangan seperti pada sinetron Tukang Bubur Naik Haji ke pengiklan.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]