SMA DAN MA BERBASIS PONDOK PESANTREN DI KOTA JEMBER
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang tidak dapat lepas dari kehidupan yang setiap orang
berhak mendapatkannya. Seiring dengan perkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
komputerisasi dan internet, lebih khusus pada perangkat lunak atau aplikasi, maka baik langsung
maupun tidak langsung dunia pendidikan juga merasakan dampaknya. Guru yang mempunyai
peran penting dalam dunia pendidikan harus selalu tanggap dan peka terhadap berbagai
perkembangan yang terjadi di sekelilingnya. Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi
dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media dan perangkat pembelajaran menempati posisi
yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media,
komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak
akan bisa berlangsung secara optimal.
Pengoptimalan pembelajaran dapat dilakukan dengan kegiatan program IbM bagi
masyarakat dari Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPM) melalui dosen Program Studi
Matematika Universitas Jember dengan kegiatan pembimbingan guru-guru SMA dan MA di
lingkungan pondok pesantren Kota Jember dalam mengembangkan media dan perangkat
pembelajaran berbasis video online yang interaktif dengan bantuan free software Blueberry
Recorder dan Lightworks sebagai sarana pembelajaran dimanapun dan kapanpun. Garis besar
kegiatan ini selanjutnya adalah membimbing guru-guru SMA dan MA di lingkungan pondok
pesantren Kota Jember untuk membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran video
interaktif yang diunggah dalam suatu website penyedia ruang untuk video sehingga siswa dapat
mengakses video tersebut secara online dimanapun dan kapanpun mereka butuhkan guna
mendukung belajar mandiri. Program ipteks IbM bagi masyarakat ini akan direncanakan akan
dilaksanakan dalam 8 (delapan) bulan dengan target luaran utama adalah diperolehnya suatu
suatu metode atau model perangkat pembelajaran berbasis video online yang interaktif sebagai
media pendukung dalam pembelajaran mandiri. Luaran selanjutnya adalah buku panduan tutorial
dan suatu publikasi dituangkan dalam sebuah artikel ilmiah hasil pengabdian masyarakat..
Pelaksanaan program ipteks IbM bagi masyarakat ini dilakukan secara bermitra
(berkolaborasi) dengan kepala sekolah SMA Unggulan BPPT dan kepala sekolah MA di
lingkungan PP. Darus Sholah Jember (mitra 1). Selanjunya mitra 2 adalah kepala sekolah SMA
dan kepala sekolah MA Unggulan di lingkungan PP. Nurul Islam (NURIS) Jember. Agar
pelaksanaan ipteks bagi masyarakat ini lebih terarah, maka digunakan metode lesson study (LS)
yang dilaksanakan secara bersiklus dalam tiga tahap kegiatan dimulai dari tahap perencanaan
(plan), tahap pelaksanaan (do), dan tahap evaluasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan
(plan), kegiatan utama yang dilakukan adalah pembuatan buku panduan pendukung dalam
pembuatan video pembalajaran serta video tutorialnya yang berjudul “Mengajar melalui Video –
step by step membuat video tutorial pembelajaran” yang sudah ber-ISBN. Tahap pelaksanaan
(do) peserta dilakukan dengan 3 kali workshop serta bimbingan intensif dalm membuat video
pembelajaran yang sesuai dengan bidang masing-masing serta mengunggah ke dalam website
penyedia ruang video secara online, dan pada tahap refleksi (see) tim melakukan refleksi dan
umpan balik terhadap hasil observasi pelaksanaan perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh
guru model selama uji coba secara online.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah video tutorial pembelajaran karena wawasan
dan ketrampilan guru-guru SMA dan MA bertambah dalam hal pembuatan video tutorial
pembelajaran. Guru-guru SMA dan MA sudah mengenal dan mampu menggunakan peralatan
untuk membuat video pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Guru-guru SMA dan
MA sudah mampu membuat video tutorial pembelajaran dengan sangat baik.