ASPEK PENDIDIKAN KELUARGA DALAM NOVEL IBUK KARYA IWAN SETYAWAN DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA KELAS XII
Abstract
Pendidikan keluarga merupakan pendidikan yang terjadi tanpa adanya batas
waktu serta memiliki hubungan yang erat antara orang tua dan anak atas dasar cinta
kasih yang kodrati. Novel Ibuk menarik untuk diteliti karena menceritakan peran
Ibuk dengan tekad yang kuat mampu mengantarkan anak-anaknya menjadi pribadi
yang lebih baik. Pengkajian novel Ibuk dalam pendidikan keluarga diawali dengan
memahami unsur intrinsik, yakni tema dan tokoh. Berdasarkan pemaparan tersebut,
rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi; (1) Bagaimanakah unsur intrinsik
dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan yang meliputi tema dan tokoh? (2)
Bagaimanakah aspek pendidikan keluarga yang terkandung dalam novel Ibuk karya
Iwan Setyawan? (3) Bagaimanakah bentuk pemanfaatan novel Ibuk karya Iwan
Setyawan sebagai alternatif materi pembelajaran di SMA kelas XII?
Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif.
Data dalam penelitian ini berupa penggalan peristiwa berwujud kata-kata, kalimat,
serta paragraf maupun dialog dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan yang
diindikasikan sebagai gambaran aspek pendidikan keluarga. Sumber data dalam
penelitian ini mencakup novel Ibuk karya Iwan Setyawan dan silabus SMA Kelas
XII, Kurikulum 2013. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi.
Analisis data meliputi: membaca, reduksi data, penyajian data, prosedur analisis
data, penafsiran data, penyusunan materi pembelajaran, serta verifikasi dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Tema yang terdapat
dalam novel Ibuk adalah kegigihan dan perjuangan Ibuk untuk membawa anak-anaknya pada kehidupan yang lebih baik. (2) Tokoh yang terdapat dalam novel Ibuk
terdiri dari tokoh utama yakni Ibuk, serta beberapa tokoh bawahan yakni Bapak, Isa,
dan Bayek. Berdasarkan aspek pendidikan keluarga terdapat beberapa aspek yang
mencakup dalam pendidikan keluarga. (1) Aspek kepribadian yang diterapkan di
dalam keluarga yang penuh tanggung jawab akan menjadi dasar bagi anak untuk
dapat hidup dengan baik dan membanggakan keluarga. (2) Aspek moral sangat
penting bagi anak karena akan membentuk kepribadian dan karakter anak tersebut.
(3) Aspek sosial yang juga penting untuk bersosialisasi di lingkungan masyarakat
dengan baik yang berguna di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.
Pemanfaatan hasil kajian penelitian dapat dijadikan alternatif materi pembelajaran
novel di SMA Kelas XII, K13. Materi digunakan dalam Kompetensi Dasar 3.3
Menganalisis teks novel baik secara lisan maupun tulisan.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tema yang
menggambarkan kegigihan dan perjuangan Ibuk untuk membawa anak-anaknya pada
kehidupan yang lebih baik. Tokoh yang terdapat dalam penelitian ini terdapat tokoh
Ibuk sebagai tokoh utama dan tokoh bawahan yakni Bapak, Isa, dan Bayek. Aspek
pendidikan keluarga yang terdapat dalam novel Ibuk mencakup (1) Aspek
kepribadian yang diterapkan di dalam keluarga yang penuh tanggung jawab akan
menjadi dasar bagi anak untuk dapat hidup dengan baik dan membanggakan
keluarga. (2) Aspek moral sangat penting bagi anak karena akan membentuk
kepribadian dan karakter anak tersebut. (3) Aspek sosial yang juga penting untuk
bersosialisasi di lingkungan masyarakat dengan baik di dalam lingkungan keluarga
dan masyarakat. Hasil pengkajian terhadap unsur intrinsik novel Ibuk dapat
dijadikan alternatif materi pembelajaran novel di SMA kelas XII, K13. Berdasarkan
kompetensi dasar 3.3 Menganalisis teks novel baik secara lisan maupun tulisan.