IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING-STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PRISMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANGGUL SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Abstract
Pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada
guru (teacher center) dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran.
berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru bidang studi matematika di SMP
Negeri 1 Tanggul diperoleh informasi bahwa siswa mengalami kesulitan dalam
memahami dan menguasai pelajaran matematika. Akibatnya rata-rata hasil belajar
siswa masih berada di bawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran
model problem posing-STAD, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa
dengan penerapan model pembelajaran problem posing-STAD pada sub pokok
bahasan prisma. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1
Tanggul semester genap tahun pelajaran 2009/2010.
Pengambilan data dimulai pada tanggal 17 April 2010 sampai dengan 17
Mei 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang
digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins. Berdasarkan model
skema penelitian tindakan Hopkins maka dikembangkan desain penelitian
menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Jika pada tahap refleksi hasil yang diperoleh belum tercapai
seperti yang diinginkan maka dilanjutkan siklus kedua dan seterusnya.
Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakan
cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul,
sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan.