• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA METODE BERMAIN PERAN DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK BERMAIN ASSALAAM KELURAHAN KEBONSARI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    IKA NUR FADILA - 110210201009_.pdf (3.713Mb)
    Date
    2018-03-23
    Author
    FADILA, Ika Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi dengan jumlah subjek penelitian 14 peserta didik dengan menggunakan metode purposive sampling. Sesuai dengan judul, lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah di KB ASSALAAM Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Metode pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.23 dengan teknik korelasi Tata Jenjang (Rank Difference Correlation). Berdasarkan data hasil penelitian di lapangan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara metode bermain peran dengan perkembangan sosial di KB ASSALAAM kelurahan Kebonsari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Hal ini didasarkan pada hasil analisis data kuantitatif diperoleh nilai sebesar 0,854 maka apabila uji signifikansi dengan harga kritik Rho Spearman dengan N=14 dan interval kepercayaan adalah 95% sebesar 0,544 maka Rhohitung > Rhotabel. untuk indikator pertama variabel X yaitu interaksi sosial memberikan kontribusi sebesar 46,1% terhadap perkembangan sosial anak dengan nilai Rhohitung sebesar 0,679. Sedangkan indikator kedua variabel X yaitu percaya diri memberikan kontribusi sebesar 50,9% terhadap perkembangan sosial anak dengan nilai Rhohitung sebesar 0,714. Sehingga dapat disimpulkan Ha yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara metode bermain peran dengan perkembangan sosial di KB ASSALAAM kelurahan Kebonsari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, diterima. Sedangkan Ho yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan antara metode bermain peran dengan perkembangan sosial di KB ASSALAAM kelurahan Kebonsari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, ditolak. Berdasarkan penelitian ini, maka saran peneliti bagi penyelenggara dan pendidik kelompok bermain perlu menerapkan metode bermain peran pada proses pembelajaran. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini agar nantinya anak siap masuk dalam jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan bekal sosial yang dimiliki.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84854
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository