• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS DI SMA (STUDI PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS, LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR)

    Thumbnail
    View/Open
    Ficky Syahrial - 130210102060_.pdf (5.497Mb)
    Date
    2018-03-22
    Author
    SYAHRIAL, Ficky
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Tempat penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember yang terdiri atas tiga kelas yaitu XI IPA A, XI IPA B dan XI IPA C. Penentuan sampel dilakukan melalui uji homogenitas terlebih dahulu selanjutnya menggunakan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA A sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi selama pembelajaran untuk mengumpulkan data keterampilan proses sains dan tes tertulis di akhir pembelajaran untuk mengumpulkan data keterampilan proses sains, literasi sains dan hasil belajar. Data yang terkumpul merupakan data interval. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 22. Hasil uji independent sample t-test untuk keterampilan proses sains diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000. Jadi nilai Sig < 0,05, jika dikonsultasikan pada pedoman pengambilan keputusan maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima hal itu berarti nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kemudian pada variabel literasi sains, hasil uji independent sample t-test diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000. Jadi nilai Sig < 0,05, jika dikonsultasikan pada pedoman pengambilan keputusan maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima hal itu berarti nilai rata-rata literasi sains siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Selanjutnya hasil uji independent sample t-test untuk hasil belajar diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000. Jadi nilai Sig < 0,05, jika dikonsultasikan pada pedoman pengambilan keputusan maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima hal itu berarti nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains, literasi sains dan hasil belajar dalam pembelajaran getaran harmonis pada siswa kelas XI di SMA Unggulan BPPT Darush Sholah Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84840
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository