PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan ASSESMENT PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR dan KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Pokok Bahasan Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2016/2017)
Abstract
Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment,
Satisfaction) dengan assesment portofolio dibandingkan dengan model
pembelajaran konvensional berbeda sangat signifikan (p=0,025) terhadap hasil
belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 3 Jember dengan rerata nilai pretest
kelas eksperimen sebesar 12,94 dan kelas kontrol sebesar 8,86, sedangkan
rerata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 86,81 dan kelas kontrol sebesar
77,75. Model pembelajaran ARIAS dengan assesment portofolio dibandingkan
dengan model pembelajaran konvensional terdapat perberbedaan tidak signifikan
(p=0,061) terhadap hasil belajar afektif siswa kelas XI SMA Negeri 3 Jember
dengan rerata nilai hasil belajar afektif kelas eksperimen sebesar 83,19 dan kelas
kontrol sebesar 79,17.