• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA PADA MASA KOLONIAL BELANDA (1900-1942) DENGAN MASA PENDUDUKAN JEPANG (1942-1945)

    Thumbnail
    View/Open
    Andi Wahyudi 130210302028.pdf SDH.pdf (1.622Mb)
    Date
    2018-03-14
    Author
    Wahyudi, Andi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan unsur penting dalam perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia. Sistem pendidikan pada masa kolonial Belanda didasarkan pada penggolongan rasial dan status sosial masyarakat, terdapat dualisme pada sistem persekolahan yang mengakibatkan terjadinya diskriminasi antara anakanak Indonesia dengan anak-anak Belanda. Penyelenggaraan pendidikan didasarkan pada kepentingan kaum modal Belanda dengan tujuan untuk membentuk tenaga terdidik sebagai buruh kasar yang dipekerjakan sebagai tenaga administrasi dan tenaga teknik pada perusahaan Belanda. Kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah telah menarik perhatian bangsa Jepang untuk menguasai dan memanfaatkan potensi Indonesia bagi kepentingan militernya. Setelah berhasil menduduki Indonesia, maka bangsa Jepang menggunakan pendidikan sebagai alat propaganda untuk mempengaruhi dan mengindoktrinasi masyarakat Indonesia. Sistem pendidikan didasarkan pada landasan idiil Hakko Ichiu (Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya) sebagai bentuk dari tujuan militer Jepang untuk memenangkan perang Pasifik. Penyelenggaraan pendidikan mengalami perubahan dengan menghapus sistem pendidikan dualistik-diskriminatif yang terjadi dalam pengajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana sistem pendidikan di Indonesia pada masa kolonial Belanda (1900-1942)?; (2) bagaimana sistem pendidikan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang (1942-1945)?; (3) bagaimana perbandingan sistem pendidikan di Indonesia pada masa kolonial Belanda dengan masa pendudukan Jepang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji sistem pendidikan di Indonesia pada masa kolonial .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84567
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository