• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH GAP ELEKTRODA BUSI TERHADAP KINERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH BERBAHAN BAKAR LPG

    Thumbnail
    View/Open
    Khoirul Wasik - 131910101004_1.pdf (1.726Mb)
    Date
    2018-03-09
    Author
    Wasik, Khoirul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Liquefied Petroleum Gas (LPG) merupakan gas minyak bumi yang dihasilkan dari pemurnian gas alam dan gas yang dihasilkan selama penyulingan minyak mentah. Komponen utama dari LPG adalah gas propane (C3H8) dan Butana (C4H10), LPG juga mengandung hidrokarbon lain dalam jumlah kecil yaitu etana (C2H6) dan pentana (C5H12). Dalam penelitian ini, difokuskan tentang perubahan celah elektroda busi merk NGK C7HSA dengan sudut pengapian 18o BTDC berbahan bakar gas LPG. Variasi yang digunakan adalah ukuran jarak celah elektroda busi yaitu 0,6 mm, 0,7 mm, 0,8 mm dan 0,9 mm dengan variasi putaran mesin 3000 rpm, 4000 rpm, 5000 rpm, 6000 rpm dan 7000 rpm. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mesin Otomotif, Fakultas Teknik, Politeknik Negeri Jember untuk pengujian emisi gas buang dengan alat Gas Analyzer, pada pengujian daya dan torsi dilakukan di Bengkel Ahass Asia Sulfat Malang dengan menggunakan alat Electric Dyno test, sedangkan untuk pengujian laju aliran bahan bakar dilakukan di Laboratorium Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Jember. Dari hasil penelitian menggunakan bahan bakar LPG, didapatkan nilai torsi maksimum sebesar 6,40 N.m diperoleh pada putaran mesin 3849 RPM dengan jarak celah 0,7 mm, sedangkan nilai daya maksimum sebesar 5,61 kW diperoleh pada putaran mesin 8791 rpm dengan jarak celah 0,8 mm. Pada pengujian emisi gas buang didapatkan nilai emisi CO optimum sebesar 0,02 % terjadi pada putaran mesin 6000 rpm dengan jarak celah 0,8 mm, nilai emisi HC optimum sebesar 66 ppm terjadi pada putaran mesin 6000 rpm dengan jarak celah 0,8 mm, nilai CO2 optimum sebesar 3,37 % terjadi pada putaran mesin 7000 rpm dengan jarak celah 0,8 mm, sedangkan nilai O2 optimum sebesar 14,47 % terjadi pada putaran mesin 6000 rpm dengan jarak celah 0,8 mm. Nilai rata-rata laju aliran bahan bakar LPG terrendah terjadi pada gap elektroda busi 0,8 mm yaitu sebesar 0,067 gr/s.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84536
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4243]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository