EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE EKSPOSITORI DAN METODE INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SLTP 1 RAMBIPUJI 1998 - 1999
Abstract
Pemilihan dan penentuan metode yang tepat dalam mengajar bukanlah pekerjaan yang mudah. Berdasarkan pertimbangan itulah penelitian ini dilaksanakan, untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inquiri dan metede ekspositori, serta membandingkan tingkat efektivitaa antara kedua metode tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian komparasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Sedangkan sasaran penelitian adalah penggunaan metode inquiri dan ekspositori dalam pembelajaran bahasa lndonesia Teknik penentuan dengan sampel dengan cara chister non random dan statistik digunakan sebagai teknik analisis data. Instrumen yang digunakan adalah lay out observasi, soal tes ulangan harian pada tema peristiwa cawu 3 kelas 2 SLTP 1 Rambipuji, serta daftar nilai.
Setelah dilakukan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa metode inquiri lebih efektif daripada penggunaan nmetode ekspositori apabila ditinjau dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa kelas 2 cawu 3 tahun pelajaran 1998-1999 SLTP I Rambipuji
Agar kegjatan pembelajaran benar- benar efektif sebaiknya guru memadukan kedua metode tersebut dalam pembelajaran, dengan cara memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh kedua metode tersebut.