STRATEGI BERSAING KAOS KHAS BANYUWANGI “BLAM TEES” (The Competitive Strategy of Shirt “BLAM TEES” Banyuwangi)
Date
2018-01-25Author
Yosita, Ratih Octaviri
Poernomo, Djoko
Wahyudi, Edy
Metadata
Show full item recordAbstract
Strategi bersaing adalah upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam memenangkan sebuah pasar sasaran
dengan cara memberikan keunggulan-keunggulan dalam bersaing, menganalisis pesaing serta melaksanakan
strategi pemasaran yang bersaing yang efektif. Strategi bersaing akan berjalan dengan baik apabila perusahaan
mampu menjelaskan keunggulan bersaing yang merupakan suatu nilai lebih dibanding pesaing. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang digunakan oleh “BLAM tees”. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan Porter's
five forces analysis terdiri dari ancaman pendatang baru, persaingan di antara perusahaan yang telah ada,
ancaman produk atau jasa pengganti, kekuatan penawaran pembeli, dan kekuatan penawaran pemasok. Informan
yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang dipilih menggunakan metode purposive.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi
bersaing yang digunakan oleh “BLAM tees” antara lain fokus biaya rendah, i novasi produk, inovasi pemasaran,
inovasi promosi, inovasi kemasan, inovasi sistem produksi serta mengeluarkan 2 desain baru setiap bulan.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]