PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS DI SDN KEMUNINGSARI LOR 02 JEMBER
Abstract
Hasil wawancara dan observasi dengan guru kelas IV A dan B SDN
Kemuningsari Lor 02 pada tanggal 20 Juli 2016, menunjukkan bahwa guru masih
kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang
akan disampaikan. Metode yang biasa digunakan di SDN Kemuningsari Lor 02
adalah metode ceramah, pengasan dan tanya jawab. Nilai KKM untuk mata
pelajaran IPS di SDN Kemuningsari Lor 02 adalah 66 dan masih banyak siswa
yang belum mencapai KKM. Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat
dirumuskan suatu permasalahan “adakah pengaruh signifikan penerapan metode
diskusi kelompok kecil berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa
kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi
dan transportasi di SDN Kemuningsari Lor 02 Jember semester II tahun ajaran
2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh signifikan penerapan metode diskusi kelompok kecil berbantuan media
gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi di SDN Kemuningsari Lor
02 Jember semester II tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kemunigsari Lor 02 Jember, pada tanggal 06 Februari 2017 sampai dengan 13 Februari 2017. Populasi penelitian
adalah siswa kelas IVA dengan 27 siswa dan kelas IVB dengan 25 siswa. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola pre-test post-test
control group design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes Hasil perhitungan uji homogenitas mendapatkan harga ,
selanjutnya harga dikonsultasikan dengan diketahui db= 50 pada taraf
signifikan 5 % sehingga nilai . Berdasarkan nilai dan
maka yaitu . Hasil uji homogenitas
tersebut kelas IVA dan IVB dinyatakan homogen sehingga pemilihan kelompok
dilakukan dengan undian, kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B
sebagai kelas kontrol.
Uji-t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh
nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen sebesar 39
sedangkan nilai rata-rata beda pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 23,44.
Hasil uji-t sebesar 4,374, kemudian dikonsultasikan dengan t-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan
db=50. Mendapatkan hasil t-ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > t-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 4,374 > 2,000. Perhitungan
selanjutnya untuk mengetahui keefektifan relatif menggunakan rumus ER, melalui
perhitungan diperoleh hasil dari keefektifan relative adalah 49,68%. Berdasarkan
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dan pengaruh yang
signifikan sebesar 49,68% antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan
metode diskusi kelompok kecil berbantuan media gambar dibandingkan dengan
nilai siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran dengan metode ceramah
dan penugasan
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan penerapan
metode diskusi kelompok kecil berbantuan media gambar terhadap hasil belajar
siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi
komunikasi dan transportasi di SDN Kemuningsari Lor 02 Jember semester II
tahun ajaran 2016/2017. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat
menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan media gambar sebagai alternatif pilihan untuk variasi pembelajaran IPS.