ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN NASABAH MENGUNAKAN LAYANAN INTERNET BANKING
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apakah yang memengaruhi
kepuasan nasabah menggunakan layanan internet banking, Survey dalam
penelitian ini dirancang untuk menjelaskan dan menggali faktor-faktor apa saja
yang secara signifikan memengaruhi kepuasan nasabah menggunakan layanan
internet banking, Populasi penelitian ialah nasabah bank BRI yang berdomisili di
kota Jernber. Sampel penelitian ialah nasabah bank SRI yang aktif menggunakan
layanan internet banking. Sampel penelitian ditentukan sebanyak 70 responden
yang diambil secara purposive sampling. Kriteria sampel ialah nasabah bank BRI
yang aktif menggunakan layanan internet banking minimal sekali dalam sebulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku nasabah dalam menggunakan
layanan BRI internet banking dipengaruhi oleh tiga faktor penting ialah (1) Faktor
efisiensi layanan (service efficiency); (2) Faktor keamanan layanan (service
safety); dan (3) Faktor kemudahan layanan (service convenience), Studi ini
dilakukan di wilayah yang relatif terbatas (kota Jember) dengan fokus kajian
nasabah salah satu bank, dengan demikian generalisasi hasil belum cukup
megambarkan kondisi empirik.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]