REAL LIFE VIDEO EVALUATION DENGAN SISTEM ELEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITS MAHASISWA FISIKA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media real life video evaluation dengan sistem e-learning untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa fisika. Penelitian merupakan pengembangan (Research and
Development) dengan metode Analysis, Desaign, Development, Implimentation and evaluastion (ADDIE). Indikator
keterampilan berpikir kritis mahasiswa mencakup interprestasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Validasi ahli dilakukan
dengan uji expert terkait dengan tampilan, konteks dan aspek media tersebut. Sedangkan implentasi diberikan kepada 45
mahasiswa pendidikan fisika FKIP universitas Jember yang memprogram mata kuliah Fisika Sekolah I. Instrumen yang
digunakan adalah lembar dokumentasi, penilaian digital literasi, lembar validasi, lembar observasi, pre test dan post test.
Hasil yang didapatkan adalah media yang dikembangkan dalam katagori baik sehingga cukup efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir krtitis mahasiswa fisika.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]