• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Tahu Di Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Muta ‘Awifa - 121510601083.pdf (3.424Mb)
    Date
    2017-11-29
    Author
    Muta ‘Awifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konsumsi produk tahu dan pertumbuhannya dari tahun ketahun cenderung meningkat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir dibandingkan dengan produk tempe. Artinya produk tahu lebih berkembang jika dibandingkan dengan tempe. Hal tersebut berdampak pada berkembangnya agroindustri produk tahu, salah satunya di Kabupaten Jember yang memiliki banyak agroindustri produk tahu. Salah satu sentra agroindustri tersebut berada di Rambipuji, Ambulu dan Ajung. Namun perkembangan agroindustri produk tahu cenderung stagnan/mengalami kejenuhan yang diduga terdapat masalah yang berhubungan dengan konsumen yang menginginkan diversifikasi produk maupun hal lain yang berhubungan dengan produk tahu, sehingga diperlukan suatu tindakan agar agroindustri tersebut semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember; (2) hubungan tingkat pendapatan konsumen dengan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember; (3) hubungan antara tingkat pendidikan konsumen dengan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di tiga sentra agroindustri tahu yaitu pasar tradisional Rambipuji, Ambulu, Ajung dan pasar Tanjung sebagai pasar induk Kabupaten Jember. Metode penelitian adalah korelasional dan deskriptif. Metode pengambilan sampel adalah convenience sampling. Metode pengumpulan data yaitu wawancara dengan kuesioner dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember adalah (a) faktor kualitas produk (rasa, tekstur, tingkat kebusukan, dan kandungan gizi), (b) faktor harga (harga tahu, harga tempe, dan harga ditempat membeli, (c) ketersediaan produk (ketersediaan tahu dan lokasi tempat membeli), (d) faktor motivasi (kebiasaan dan selera). (2) Hubungan tingkat pendapatan konsumen dengan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen (kualitas) dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember adalah signifikan, dengan nilai signifikansi 0,025<0,05. Artinya terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendapatan konsumen dengan faktor kualitas produk. (3) Hubungan tingkat pendidikan konsumen dengan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen (kualitas) dalam pembelian produk tahu di Kabupaten Jember adalah signifikan, dengan nilai signifikansi 0,007<0,05. Artinya terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendidikan konsumen dengan faktor kualitas produk.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83434
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4395]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository