PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA KELAS Va SDN KEBONSARI 01 JEMBER
Abstract
Pendidikan di SD merupakan peletakkan fondasi awal bagi terbentuknya
karakter dari peserta didik. Karakter yang diharapkan tidak semata-mata terbentuk
begitu saja melainkan melalui serangkaian proses yang saling berkaitan. Proses
pembelajaran memerlukan adanya model pembelajaran yang mampu menggali
potensi-potensi siswa, terutama kemampuannya dalam memecahkan suatu
masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi,
yang dilakukan di SDN Kebonsari 01 Jember diketahui proses pembelajaran di
sana masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional khususnya di
kelas Va. Hal ini dikarenakan kondisi guru kelas Va yang sedang sakit cukup
lama, sehingga tidak memungkinkan untuk berdiri terlalu lama untuk mengajar.
Proses pembelajarannyapun kurang menarik perhatian siswa, sehingga kondisi
tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas Va. Setelah melakukan
wawancara dan berkonsultasi dengan guru kelas Va, diketahui bahwa guru kelas
menginginkan hasil belajar siswanya dapat meningkat. Setelah berkonsultasi
dengan guru kelas mengenai model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan di
kelas Va SDN Kebonsari 01 Jember, diketahui bahwa model pembelajaran yang
dapat diterapkan adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)
dikarenakan model ini belum pernah diterapkan sebelumnya. Model PBL
merupakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menggali
potensi-potensi yang mereka miliki. Melalui penerapan model PBL siswa dilatih
untuk lebih berpikir kritis dalam melihat persoalan yang ada dengan menemukan
solusi dari masalah yang dihadapi, sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran
dan dapat menemukan konsep-konsep yang dipelajari tanpa harus guru yang menjadi sumber informasinya. Untuk menunjang proses pembelajaran dengan
model PBL digunakan media video dalam proses pembelajaran. Penggunaan
media video dirasa sesuai karena dengan media video siswa langsung dihadapkan
dengan permasalahan tanpa membayangkannya serta dapat menimbulkan rasa
senang ketika siswa melihatnya. Tema yang dipilih untuk diterapkan model PBL
berbantuan media video dalam proses pembelajarannya adalah Tema Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia. Subtema Indonesiaku, bangsa yang kaya. Di dalam
subtema tersebut terdapat mata pelajaran PPKn, Matematika, dan Bahasa
Indonesia. Topik yang dibahas dalam tema tersebut adalah bentuk-bentuk perilaku
yang menunjukkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia sehingga sangat cocok
diterapakan model PBL berbantuan media video dalam proses pembelajarannya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model PBL berbantuan media
video dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Va tema bangga sebagai
bangsa Indonesia di SDN Kebonsari 01 Jember tahun pelajaran 2016/2017?; serta
bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penerapan model PBL berbantuan media
video pada tema bangga sebagai bangsa Indoneisa kelas Va di SDN Kebonsari 01
Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut
tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
penerapan model PBL berbantuan media video yang dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas Va tema Bangga sebagai Bangsa Indonesia di SDN Kebonsari
01 Jember dan Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas Va setelah penerapan
model PBL berbantuan media video pada tema bangga sebagai bangsa Indonesia
di SDN Kebonsari 01 Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam
penelitian PTK tahapan yang digunakan diawali dengan perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian tindakan
ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan laporan dan
hasil pembahasan diketahui bahwa hasil penelitian menunjukkan penerapan model
PBL berbantuan media video pada siswa kelas Va tema Bangga sebagai Bangsa
Indonesia semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di SDN Kebonsari 01