• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJECT (SEQIP) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V POKOK BAHASAN ALAT PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SD NEGERI KRANJINGAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Titik Hariani_1.pdf (77.17Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Titik Hariani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model SEQIP merupakan model pembelajaran yang dilaksanakan dengan berorientasi pada kebutuhan dan kemampuan siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang berguna dan menyenangkan sehingga dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Hasil observasi siswa kelas V di SD Negeri Kranjingan 05 menunjukan aktivitas dan hasil belajar yang rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Kranjingan 05 Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Alat Peredaran Darah Manusia dengan menggunakan model SEQIP?; (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar belajar siswa kelas V SD Negeri Kranjingan 05 Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Alat Peredaran Darah Manusia dengan menggunakan model SEQIP? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang tujuannya (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kranjingan 05 Sumbersari Kabupaten Jember dengan menggunakan model SEQIP; (2) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kranjingan 05 Sumbersari Kabupaten Jember dengan menggunakan model SEQIP Prosedur penelitian dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, penamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Kranjingan 05 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan guru dan siswa, pedoman wawancara, soal tes, RPP, dan daftar nilai ulangan harian Model SEQIP disertai metode Eksperimen akan memberikan pengalaman menarik bagi siswa sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Selain itu, juga dapat meningkatkan pemahaman materi yang diajarkan karena siswa belajar dengan berdasarkan pada permasalahan yang ada pada kehidupan sehari-hari. Pada siklus I, kegiatan pembelajaran belum terlaksana dengan baik, guru tidak membagi tugas kepada tiap siswa sehingga pada saat percobaan ada beberapa siswa yang tidak serius melakukan percobaan sehingga suasana kelas agak gaduh. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali tatap muka selanjutnya dilakukan test. Pada siklus II pelaksanaan menjadi lebih baik, guru telah membagi tugas pada tiap siswa dalam kelompok sehingga meminimalkan kegaduhan dalam kelas. Siklus II dilaksanakan dalam dua kali tatap muka selanjutnya dilakukan test. Berdasrkan hasil evaluasi siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (62,5%) dengan persentase keaktifan siswa secara klasikal 67,24 %. Pada siklus II , hasil tes siswa mengalami peningkatan. Siswa tuntas sebanyak 23 siswa (71,87%) dengan persentase keaktifan siswa secara klasikal 72,9 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa meningkat dengan menggunakan model SEQIP disertai metode eksperimen. Saran peneliti yaitu bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat digunakan sebagai variasi dalam menyajikan materi,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8313
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository