• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PROBING PROMPTING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 SMAN AMBULU SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Litha Verlisya Putri Bunyamin - 120210302067 a.pdf (2.640Mb)
    Date
    2017-11-06
    Author
    Verlisya Putri Bunyamin, Litha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan oleh peneliti tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu melalui penggunaan gambar dan metode probing prompting sebagai media pembelajaran sejarah, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan gambar sebagai media pembelajaran sejarah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2016/2017 dari pra siklus, siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pra siklus diperoleh skor akhir 49,14% meningkat pada siklus 1 dengan skor 55,40% yang dinyatakan kemmapuan berpikir krtitis masih rendah dan meningkat pada siklus 2 dengan skor 64,18% yang dinyatakan cukup kritis serta meningkat pada siklus 3 dengan skor 72,09% yang dinyatakan cukup kritis. 2) Penggunaan gambar sebagai media pembelajaran sejarah mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2016/2017. Persentase hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif peserta didik pada siklus 1 memperoleh 74,81%, pada siklus 2 memperoleh persentase 77,40% sehingga mengalami peningkatan sebesar 23,01% dan pada siklus 3 memperoleh persentase 84,97% sehingga mengalami peningkatan 14,81%. Berdasarkan hasil analisis data pada pelaksanaan siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 dapat dinyatakan bahwa hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu dengan penggunaan media gambar dan metode probing prompting pembelajaran dapat meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83052
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository