• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INDIKATOR 4 C’s YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs KELAS IX SEMESTER 1

    Thumbnail
    View/Open
    Syahdinar Indriawati Amaliyah_1.pdf (5.947Mb)
    Date
    2017-11-06
    Author
    Amaliyah, Syahdinar Indriawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan suatu kelompok manusia tidak dapat hidup berkembang sejalan dengan aspirasi (cita-cita) untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka sendiri. Pendidikan diyakini banyak kalangan sebagai kunci keberhasilan masa depan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kualitas manusia dan pembangunan, senantiasa dikaitkan dengan pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan sehingga suatu negara dapat ditentukan maju atau tidaknya dilihat dari kualitas pendidikannya. Diharapkan peran pendidikan di Indonesia dapat menyiapkan kualitas generasi di masa depan yang lebih baik. Pada abad 21 diharapkan dunia pendidikan semakin meningkat, perubahan harus terus dilakukan sehingga semua peserta didik memperoleh kemampuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berkembang di masa depan yang penuh persaingan. Berdasarkan adanya perubahan di dunia pendidikan, kerangka kompetensi yang diharapkan pada abad 21 berfokus pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu siswa akan dituntut untuk kreatif, inovatif, serta metakognitif agar menjadikan siswa memiliki kemampuan sesuai indikator 4C’s yaitu Critical Thinking, Creative, Communication, dan Collaboration. Dengan harapan siswa di masa depan mampu bersaing dalam dunia pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat dijadikan bekal hidup di lingkungan masyarakat baik secara lokal maupun global. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan indikator 4C’s yang selaras dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMP/MTs kelas IX semester 1. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilakukan berdasarkan model Plomp yang telah dimodifiksi, yang terdiri dari 4 fase yaitu fase investigasi awal (preliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/kontruksi (relization/contruction), dan fase tes, evaluasi, dan revisi (test,evaluation, and revision). Pengembangan pada penelitian ini yaitu indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMP/MTs kelas IX semester 1 yang terdiri dari 3 bab yaitu: bilangan berpangkat dan bentuk akar, persamaan kuadrat, dan fungsi kuadrat. Indikator 4C’s yang dikembangkan mengacu pada kerangka keterampilan P21 yang kemudian di reduce di setiap bab. Indikator yang dikembangkan kemudian di validasi oleh lima validator yaitu 3 Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jember dan 2 Guru Matematika dari SMP Negeri 1 Jember dan SMP Negeri 10 Jember. Pada proses validasi terdapat beberapa kali revisi berdasarkan saran dari validator. Masing-masing indikator 4C’s yang telah dikembangkan, dideskripsikan dengan memberi kegiatan pembelajaran agar lebih memperjelas maksud dan tujuan indikator tersebut. Hasil pengembangan Indikator 4C’s yang selaras dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Matematika SMP/MTs kelas IX semester 1 dapat dilihat pada Lampiran B. Berdasarkan hasil validasi, peneliti melakukan analisis hasil validasi indikator. Kriteria kevalidan menyatakan produk yang dikembangkan dikatakan valid jika minimal memiliki interpretasi ≥ 3,00 dan dikatakan sangat valid apabila interpretasi kevalidannya mencapai 4,00. Berdasarkan hasil analisis data lembar validasi dari kelima validator, diperoleh nilai validitas produk sebesar 3,89 dengan intrepretasi valid. Maka pengembangan indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMP/MTs kelas IX semester 1 telah memenuhi kriteria kevalidan dan layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM)
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83021
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository