PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A2 DALAM MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA POHON BACA BERBANTUAN GAMBAR DI TK TERPADU NAILUL MARAM KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Kurikulum PAUD dibutuhkan dalam rangka memenuhi kebutuhan
perkembangan anak pada segala aspek termasuk perkembangan bahasa yaitu
pengucapan yang jelas, menyebutkan huruf dengan kata, dan menunjuk huruf
yang disebutkan oleh guru, sehingga dapat membantu mempersiapkan anak untuk
menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitarnya. Berdasarkan hasil observasi,
wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di TK Terpadu Nailul Maram
Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember diketahui bahwa kemampuan mengenal
huruf anak kelompok A2 cukup rendah. Sebanyak 66,67% dari 12 anak terdapat 8
anak yang belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 2 anak yang menyebutkan
huruf dengan kata kurang jelas, 3 anak yang menunjuk huruf kurang tepat, dan 3
anak yang menunjuk masih terbalik. Oleh karena itu untuk meningkatkan
kemampuan mengenal huruf anak, maka akan dilakukan pembelajaran dengan
menggunakan media pohon baca berbantuan gambar.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan media pohon baca berbantuan gambar agar memudahkan guru dalam
proses pembelajaran. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu; 1)
bagaimanakah penerapan media pohon baca berbantuan gambar dalam
meningkatkan kemampuan mengenal huruf; 2) bagaimanakah peningkatan
kemampuan mengenal huruf anak kelompok A2 melalui media pohon baca
berbantuan gambar di TK Terpadu Nailul Maram Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017