• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pandangan Dunia Iwan Simatupang dalam Drama RT Nol RW Nol dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMA KelasX

    Thumbnail
    View/Open
    Rofi’NihayatulUlum - 130210402079_1.pdf (1.871Mb)
    Date
    2017-11-01
    Author
    Ulum, Rofi’ Nihayatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pandangan dunia merupakan kajian untuk memahamikarya sastra dan hubungannyadenganmasyarakat.Pengkajianpandanganduniamenjadisangatpenting, disebabkanpandanganduniamerupakanhalyangmenghubungkansecaralangsung denganmasyarakat.Sehubungandenganhaltersebut,naskahdrama RTNolRW Nol karyaIwanSimatupangmenarikuntukdikajidenganteoristrukturalismegenetik,karena sangatmenunjukkan perhatian terhadap keadaan sosialpadasaatkaryatersebut diciptakan.Halinididasarkan pada karya Iwan dengan tema kegelandangan dan masalah kenegaraan dipengaruhi oleh penyaksian Iwan Simatupang terhadap perjalanansejarahIndonesiayangrumitkarenakondisikemiskinandanketidakstabilan keamanannegara.Selainitu,jugadipengaruhioleheksistensialismeyangdianutoleh Iwan.PengkajiannaskahdramaRTNolRW Nolmelaluistrukturalismegenetikdiawali denganmemahamiunsurintrinsik,yaknipenokohandantemayangpentingdalam mendukunguntukmengungkapkanpandanganduniaIwanSimatupang.Hasilpenelitian tersebutdapatdigunakan sebagaialternatifmateripembelajaran sastra diSMA. Rumusanmasalahpenelitianiniadalah(1)Bagaimanakahunsurintrinsikdalam naskah dramaRTNolRW NolkaryaIwanSimatupangyangmeliputipenokohandantema?;(2) BagaimanakahpandanganduniaIwanSimatupangyangterefleksidalam naskahdrama RTNolRW NolkaryaIwanSimatupang;(3)Bagaimanakahpemanfaatanhasilpenelitian naskah dramaRT NolRW Nolkarya Iwan Simatupang sebagaialternatifmateri pembelajaransastradiSMAkelasXI?. Jenis dan rancangan penelitian iniadalah kualitatif-dekriptifstrukturalisme genetik.SumberdatapenelitianmencakupnaskahdramaRTNolRW NolkaryaIwan Simatupangdansilabuskurikulum 2013tingkatSMAkelasXIsemester2.Datadalam penelitianinimencakuppenggalanperistiwaberwujudkata-kata,kalimatdalam dialog danlakuanyangterdapatdalam naskahdramaRTNolRW NolkaryaIwanSimatupang. Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahteknikdokumentasidanwawancara. Teknik analisis data terdiridaritujuh tahap,yaknimembaca,pereduksian data, penyajian data, prosedur analisis data, penafsiran data, penyusunan materi pembelajaran,danpenarikankesimpulan. Hasildalam penelitianmenunjukkanbahwa,(1)Penokohandalam dramaRTNol RW NolkaryaIwanSimatupangmenunjukkanbahwapenokohanmasing-masingtokoh ceritadigambarkandenganpandangansikap-sikapnyadalam menyikapipandangan masyarakatdantindakanpemerintah,sehinggamelaluipelukisantokohinitercermin misipengarangataupandanganduniapengarangdalam menyikapipermasalahandi sekitarnya.Tema yang terdapatdalam dramaRT NolRW Nolialah keberadaan gelandangan.(2)PandanganduniaIwanSimatupangyangterefleksidalam dramaRT NolRW Nolterdapat2 hal,yaitu;pandangan dunia Iwan Simatupang tentang pemaknaan gelandangan dan masalah keamanan negara.Pandangan dunia Iwan Simatupangtentangpemaknaangelandangandapatdikategorikanmenjadi2,yakni pemaknaangelandanganberdasarkanperhatianIwanSimatupangkondisimasyarakat dan gelandangan sebagairepresentasidaripengarang.Pandangan Dunia Iwan Simatupangtentangmasalahkeamanannegaramerupakancerminanmasaordelama yang terdapatkrisis nasionalhingga ke bidang keamanan dan ekonomiyang ditunjukkanadanyakejahatan.(3)Hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaialternatif materipembelajaransastradiSMAkelasXIsemester2padakurikulum 2013.KDyang dijadikanacuanadalahKD4.1:Menginterpretasimaknateksfilm/dramabaiksecara lisanmaupuntulisan.Siswadangurudapamembacanaskahdrama RTNolRW Nol untukdapatdigunakansebagaialternatifmateripembelajaran.Adapunlangkah-langkah pembelajaran yaitu: siswa diarahkan untukberdiskusisecara berkelompokuntuk mengidentifikasiunsurintrinsik(penokohandantema)teksnaskahdramaRTNolRW Noldan unsurekstrinsiknya,sertamenjelaskanhasildiskusitentangmaknateks dramatersebutdidepankelassecaralisan.Melaluikegiatantersebut,siswadiharapkan memilikipemahaman tentang wawasan kehidupan yang dapatditerapkan dalam kehidupansehari-hari. Saran dalam penelitian iniyaitu:(1)Bagimahasiswa PBSI,dapatdigunakan sebagaibahandalam mempelajaristrukturalismegenetik.(2)Bagigurumatapelajaran BahasadanSastraIndonesia,hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaialternatif materipembelajaransastra,khususnyamateriinterpretasimaknateksdrama.(3)Bagi penelitiselanjutnyayangsebidangilmu,dapatmengembangkanpenelitiantentang pemanfaatansebagaialternatifmateripembelajaransebagaialternatifteksfilm yang belum terpenuhidalam pengkajianteksdrama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82969
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository