PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS VII D SMP NEGERI 1 BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Berdasarkan  data  pra  siklus  yang  dilakukan  pada  tanggal  13  September 
2011  di  kelas  VII  D  SMP  Negeri  1  Balung,  ditemukan  aktivitas  belajar  dan 
ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa  tergolong  masih  rendah  serta  karakter  siswa 
masih  perlu  dikembangkan.  Berdasarkan  data  hasil  pra  siklus,  dari  37  siswa 
menunjukkan  hanya  27%  siswa  yang  memperhatikan  penjelasan  guru  sehingga 
dapat  diketahui  karakter  kerja  keras  masih  perlu  dikembangkan,  21,62%  siswa 
yang    aktif  mencatat  sehingga  dapat  diketahui  karakter  kerja  keras  masih  perlu 
dikembangkan,  tidak  ada  siswa  yang  bertanya  pada  saat  proses  belajar  mengajar 
berlangsung  meskipun  siswa  tidak  memahami  materi  yang  disampaikan  guru 
sehingga dapat diketahui karakter rasa ingin tahu masih perlu dikembangkan, 27% 
siswa  yang mengerjakan tugas sedangkan  yang lain mencontek pada teman  yang 
mengerjakan  sehingga  dapat  diketahui  karakter  jujur  dan  tanggung  jawab  masih 
perlu  dikembangkan.  Ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa  kelas  VII  D  SMP 
Negeri 1 Balung juga masih rendah. Berdasarkan data ulangan harian kelas VII D 
dari  37  siswa  hanya  30%    yang  mendapatkan nilai ≥ 75  sedangkan  70%  siswa 
lainnya mendapatkan nilai < 75.  
Berdasarkan  uraian  di  atas,  maka  diperlukan  perbaikan  pembelajaran 
melalui  penerapan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  NHT  (Numbered  Head 
Together)  dengan  metode  eksperimen  berbasis  pengembangan  karakter  siswa 
dengan  tujuan  untuk  meningkatkan  aktivitas  dan  ketuntasan  hasil  belajar  siswa 
serta  mengembangkan  karakter  siswa  menggunakan  model  kooperatif  tipe  NHT 
(Numbered  Head  Together)  dengan  metode  eksperimen  berbasis  pengembangan karakter  siswa.    Model  kooperatif  tipe  NHT  (Numbered  Head  Together)  dengan 
metode  eksperimen  berbasis  pengembangan  karakter  siswa  dalam  pembelajaran 
terdapat  kerjasama  antar  siswa  dalam  kelompok,  motivasi,  eksperimen,  diskusi, 
presentasi di depan kelas, dan aktivitas  berkarakter sehingga dapat melatih siswa 
untuk  saling  berbagi  memiliki  rasa  tanggung  jawab,  aktif  menjawab  pertanyaan, 
berani  berbicara  di  depan  kelas,  memotivasi  siswa  dalam  belajar,  siswa  lebih 
percaya  atas  kebenaran  dari  percobaannya  sendiri,  serta  siswa  dapat  berprilaku 
baik. 
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian 
sudah  ditetapkan  di  kelas  VII  D  SMP  Negeri  1  Balung  tahun  ajaran  2011/2012 
yang dimulai tanggal 13 September 2011 sampai dengan 5 Oktober  2011. Metode 
pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  observasi,  wawancara, 
dokumentasi,  dan  tes.  Data  yang  didapatkan  adalah  aktivitas  guru  dan  aktivitas 
siswa  serta  karakter  siswa  selama  proses  pembelajaran  berlangsung  dan  hasil 
belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi 
dan siswa.  
Data  tentang  aktifitas  belajar  dan  karakter  siswa  diperoleh  dari  hasil 
observasi  dengan  instrumen  observasi.  Ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa 
diperoleh  dari  hasil  post  test  dan  observasi.  Aktivitas  belajar,  karakter,  dan 
ketuntasan  belajar  fisika  siswa  dari  siklus  I  ke  siklus  II  mengalami  peningkatan. 
Aktifitas  belajar  siswa  yang  meliputi  mendengarkan  penjelasan  guru, 
mengerjakan  tugas,  bertanya,  melakukan  ekpserimen,  dan  mencatat  mengalami 
peningkatan dan karakter siswa yang meliputi jujur, tanggung jawab, kerja keras, 
rasa  ingin  tahu,  disiplin  sudah  berkembang.  Berdasarkan  analisis  hasil  belajar 
fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal 
sebesar  67,56%.  Siklus  2  diperoleh  ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa  secara 
klasikal  sebesar  89,12%.  Dari  hasil  di  atas  menunjukkan  bahwa  model 
pembelajaran  kooperatif  tipe  NHT  (Numbered  Head  Together)  dengan  metode 
eksperimen  berbasis  pengembangan  karakter  siswa  dapat  meningkatkan  aktivitas 
belajar  dan  ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa  serta  dapat  mengembangkan 
karakter siswa.
