• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN SUMBER KALONG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Alvi Anazmah.pdf (3.937Mb)
    Date
    2017-10-30
    Author
    Anazmah, Nur Alvi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, hasil belajar siswa secara klasikal masih rendah. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 55,47 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 32,35% yang termasuk dalam kategori sangat kurang. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan 2 (dua) siswa kelas IV, dikatakan bahwa mereka kurang menyukai mata pelajaran matematika karena sulit. Menurut pernyataan guru kelas, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya masih banyak yang di bawah KKM. Berdasarkan latar belakang di atas maka dilakukan penelitian tindakan kelas, dengan menerapkan metode discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumber Kalong 01 Jember. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah penerapan metode discovery learning yang dapat meningkatkan aktivitas belajar pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SDN Sumber Kalong 01 Jember? 2) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa setelah penerapan metode discovery learning pokok pecahan siswa kelas IV SDN Sumber Kalong 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode discovery learning pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SDN Sumber Kalong 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumber Kalong 01 Jember yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 10 sisa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I sebanyak tiga pertemuan dan siklus II dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka penerapan metode discovery learning mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal. Persentase aktivitas siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 69,71% dalam kategori cukup aktif menjadi 81,33% dalam kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 64,56 dan pada siklus II sebesar 72,21. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 55,88% dan siklus II ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 79,41%. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan siswa mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Kegiatan-kegiaan tersebut meliputi: siswa mengajukan jawaban sementara, siswa mencari informasi dan data dari soal pada LKS, siswa menggunakan media kertas manila dal/mdam mengerjakan LKS, siswa menarik kesimpulan dan siswa mengaplikasikannya dalam latihan soal. Langkah-langkah tersebut yang paling baik dalam penerapannya yaitu pada saat siswa mencari informasi dan data dengan menggunakan media kertas manila pada saat mengerjakan LKS dan yang kurang baik yaitu pada saat siswa menarik kesimpulan dari kegiatan yang telah mereka lakukan. Pada saat pelaksanaan siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa masih kurang, sehingga dilakukan siklus II. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini, dalam penerapan metode discovery learning sebaiknya guru menggunakan media kertas manila dan memberikan penghargaan bagi siswa agar siswa aktif dalam pembelajaran. Bagi peneliti, pengorganisasian kelas dan managemen waktu harus dimanfaatan sebaik mungkin dan dalam memberikan petunjuk soal harus lebih jelas lagi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82853
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository