GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT DI RUANG PAVILIUN DAN RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT DAERAH dr. SOEBANDI JEMBER
Abstract
Pelayanan keperawatan adalah suatu pelayanan yang merupakan integral
dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan yang
ditunjukkan pada individu, keluarga, atau masyarakat baik yang sehat maupun
yang sakit. Pelayanan keperawatan profesional memiliki lingkup yang kompleks
yang didasarkan pada kebutuhan manusia sebagai individu yang unik guna
mencapai suatu tujuan yaitu sejahtera. Fokus pelayanan kesehatan saat ini yang
berorientasi pada pasien menuntut pelayanan keperawatan meningkatkan
kualitasnya dengan tujuan pasien selaku konsumen mendapatkan pelayanan yang
maksimal dan memuaskan. Tuntutan kualitas pelayanan keperawatan di rumah
sakit menjadi prioritas saat ini. Kualiatas pelayanan keperawatan dapat
ditingkatkan melalui perilaku caring perawat yang dimunculkan dalam asuhan
keperawatan yang diberikan pada pasien. Perilaku caring memberikan perawat
kemampuan untuk memahami kebutuhan dasar pasien yang belum terpenuhi dan
membantunya untuk memenuhinya.
Tujuan penelitian ini menganalisis gambaran perilaku caring perawat di
Ruang Paviliun dan Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Daerah dr.
Soebandi Jember. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dan teknik
sampel yang digunakan adalah quota sampling dengan besar sampel sebanyak 98
responden. Penelitian ini dilakukan di Ruang Paviliun dan Ruang Rawat Inap
Kelas III Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember. Pengumpulan data penelitian
ini menggunakan kuesioner caring assessment tool (CAT) yang dikembangkan
oleh Duffy (1990) dan dimodifikasi oleh Ardiana (2010) menjadi 41 item
pertanyaan.
Karakteristik pasien di Ruang Paviliun Rumah Sakit dr. Soebandi Jember
rata-rata berusia 34,72 tahun, rata-rata telah mendapatkan perawatan selama 4
hari, jumlah laki-laki dan perempuan berimbang yaitu masing-masing 50%, dan
sebagian besar berpendidikan sarjana sebanyak 68,8%. Karakteristik pasien di
Ruang Kelas III Rumah Sakit dr. Soebandi Jember rata-rata berusia 50,67 tahun,
rata-rata telah mendapatkan perawatan selama 4,2 hari, sebagian besar berjenis
kelamin laki-laki sebanyak 59,1%, dan paling banyak pasien berpendidikan
SMA/SMK sebanyak 50%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku caring perawat di Ruang
Paviliun Rumah Sakit dr. Soebandi Jember sebagian besar dalam kategori baik
sebanyak 65,6%. Perilaku caring perawat yang diberikan pada ruang paviliun
meliputi memberi asuhan keperawatan yang aman dan nyaman pasien (fisik dan
lingkungan), sesuai standar prosedur opersional, dan komunikasi terapeutik
perawat pasien. Perilaku caring perawat di Ruang Kelas III Rumah Sakit dr.
Soebandi Jember sebagian besar dalam kategori kurang sebanyak 57,6%. Perilaku
caring perawat di Ruang Kelas III sebagian besar perawat tidak memperkenalkan
diri pada pasien, tidak menjelaskan peran perawat pada pasien, jarang
menyediakan waktu khusus untuk mengkaji secara mendalam masalah yang
dialami pasien, terutama terkait dengan masalah psikologis, jarang membantu
pasien untuk kegiatan ibadah dan kurang memberikan motivasi terhadap masalah
yang dihadapi pasien. Sebagian besar pasien di Ruang Paviliun menilai perilaku
caring perawat dalam kategori baik dan sebagian besar pasien di Ruang Kelas III
menilai perilaku caring perawat dalam kategori kurang. Perilaku caring perawat
wajib dimiliki oleh perawat dan dimunculkan dalam memberikan asuhan
keperawatan kepada pasien karena setiap setiap pasien berhak mendapatkan
pelayanan yang aman, bermutu, dan terjangkau.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1530]