PELAKSANAAN PROSEDUR ADMINISTRASI TABUNGAN PERENCANAAN MASA DEPAN (TAPENAS) PADA PT. BANK X (PERSERO) Tbk. CABANG JEMBER
Abstract
Pelaksanaan prosedur administrasi pembukaan tabungan X Tapenas melibatkan tiga pihak yaitu nasabah, customer service, dan teller. Proses pembukaannya diawali dengan pembukaan rekening tabungan X Tapenas dengan cara nasabah datang ke kantor cabang Bank X terdekat dan kemudiaan menemui customer service untuk mengajukan permohonan pembukaan rekening X Tapenas. Pembukaan rekening X Tapenas membutuhkan kartu identitas diri nasabah, kemudian nasabah mengisi formulir pembukaan tabungan yang telah disediakan oleh pihak bank melalui customer service. Tabungan X Tapenas dalam pembukaannnya terdapat syarat yaitu memiliki rekening pada PT.Bank X berupa rekening X Taplus, X Taplus bisnis, dan X giro IDR perorangan yang akan dijadikan sebagai rekening afiliasi untuk melakukan autodebet setiap bulannya. Setelah proses pembukaan rekening X Tapenas selesai, customer service menyerahkan buku tabungan X Tapenas kepada pihak teller untuk dilakukan penyetoran awal. Setoran bulanan pada X Tapenas langsung di autodebet melalui rekening afiliasi nasabah. Proses penggantian buku tabungan X Tapenas dapat dilakukan apabila buku tersebut hilang, rusak, dan mutasi penuh dimana proses penggantian buku ini melibatkan bagian Customer Service. Penarikan dan penutupan dana X Tapenas tidak dapat dilakukan kapan saja kecuali nasabah meninggal dunia atau nasabah bersedia mendapatkan potongan pada tabungan X Tapenas. Tapenas juga menyediakan produk asuransi kepada nasabah dengan adanya tambahan premi yang akan ditanggung oleh pihak nasabah.