PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI AHASS SUMBER JAYA MAHA SAKTI KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Peningkatan kualitas pelayanan merupakan salah satu strategi pemasaran yang
diutamakanterhadap pemenuhan keinginan pelanggan.Untuk menciptakan kualitas
layanan yang tinggi, sebuah perusahaan harus menawarkan layanan yang mampu
diterima dan dirasakan pelanggan sesuai dengan atau bahkan melebihi harapan
pelanggan. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang dirasakan, pelanggan tentu akan
semakin puas. Kepuasan yang dirasakan pelanggan, akan berdampak positif bagi
perusahaan, diantaranya akan mendorong terciptanya loyalitas pelanggan dan reputasi
perusahaan akan semakin positif bagi masyarakat, khususnya bagi para pelanggan.
Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu berupaya memahami harapan pelanggan atas
produk yang dihasilkan atau jasa/layanan yang diberikan.
Terdapat lima aspek penting yang harus diperhatikan dalam kualitas jasa
pelayanan, yaitu: Bukti fisik (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya tanggap
(Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty). Setiap pelanggan yang
membeli produk atau jasa pasti ingin mendapatkan kepuasan yang maksimal dari
produk atau jasa yang telah mereka beli.Dengan ini, perusahaan yang menghasilkan
produk atau jasa harus meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan yang telah
membeli produk atau jasa merasa puas. AHASS juga mengutamakan kualitas
pelayanan dalam memberikan service sepeda motor kepada pelanggan. Adapun
tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh signifikan kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan di AHASS Sumber Jaya Maha Sakti Motor Kecamatan
Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui
pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di AHASS
Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Penentuan
lokasi penelitian menggunakan metode purposive area, sedangkan metode penentuan
responden menggunakan metode purposive sampling dengan teknik accidental
sampling sejumlah 90 responden. Metode yang digunakan untuk memperoleh data
dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan
dokumen. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi
linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelanggan di AHASS Sumber Jaya Maha Sakti Motor
Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Hasil uji besarnya Fhitung = 330,218 >
Ftabel = 3,949 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Berdasarkan hal
tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ‘ada pengaruh yang signifikan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di AHASS Sumber Jaya Maha Sakti
Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi’. Hasil analisis efektivitas garis
regresi (R2) yang digunakan untuk mengetahui kontribusi koefisien regresi dari
variabel bebas terhadap variabel terikat diketahui sebesar 79%. Hal ini menunjukkan
bahwa besarnya persentase pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan di AHASS Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten
Banyuwangi sebesar 79%. Sedangkan sisanya yaitu 21% dipengaruhi variabel bebas
lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini meliputi harga, potongan harga, lokasi,
dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas
pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di AHASS
Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.