KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI SANTRI DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN ISLAM DARUSSALAM PUTRI JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil temuan yaitu, (1) wujud
kesantunan berbahasa Indonesia dalam Interaksi santri, (2) fungsi kesantunan
berbahasa Indonesia dalam Interaksi santri, (3) strategi wujud kesantunan
berbahasa Indonesia dalam Interaksi santri di Pondok Pesantren Islam Darussalam
Putri Jember. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan jenis
penelitian deskriptif interpretatif. Metode pengumpulan data yang dipilih antara
lain teknik observasi, teknik rekam dan teknik wawancara. Metode analisis data
meliputi, reduksi data terdiri dari penghimpunan dan pengklasifikasian,
penginterpretasian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen
penelitian berupa tabel pemandu pengumpul data dan tabel pemandu analisis data.
Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: tahap persiapan,
tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.
Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan (1) Wujud kesantunan
berbahasa Indonesia dalam interaksi santri yang terbagi menjadi sembilan yaitu,
kesantunan dalam menjawab, meminta, menolak, menyampaikan
maksud/informasi, menyuruh, mengajak, melarang, menegur dan meminjam. (2)
Terdapat empat fungsi kesantunan berbahasa Indonesia dalam interaksi santri,
yaitu fungsi ekspresif-penghormatan, fungsi ekspresif-keengganan, fungsi
ekspresif-penghindaran, dan fungsi ekspresif-perayuan. (3) Strategi kesantunan
berbahasa Indonesia dalam interaksi santri terbagi menjadi tiga, yaitu strategi
formal, strategi kontekstual, dan strategi tindak tutur tidak langsung.
Saran yang diberikan berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini,
bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia hasil penelitian dapat
digunakan sebagai salah satu bahan diskusi pada mata kuliah pragmatik
khususnya mengenai kesantunan berbahasa Indonesia. Selanjutnya, hasil
penelitian ini disarankan dapat dijadikan masukan terhadap program kerja
pengurus akan pentingnya menerapkan kesantunan dalam interaksi santri
khususnya di Pondok Pesantren Islam Darusaalam Putri Jember, sehingga akan
memperlancar komunikasi antarwarga pesantren. Selain itu, bagi para guru
disarankan untuk menggunakan hasil penelitian ini sebagai panduan penerapan
Kompetensi Inti ke-2 dalam kurikulum 2013 mengenai sikap sosial. Selanjutnya,
dalam penelitian ini hanya berfokus pada kesantunan berbahasa Indonesia dalam
interaksi santri dengan rumusan masalah yang meliputi: (1) wujud kesantunan, (2)
fungsi kesantunan, serta (3) strategi kesantunan berbahasa Indonesia. Penelitian
ini masih menyisakan permasalahan terkait kesantunan berbahasa Indonesia
dengan fokus masalah sikap dalam bertutur oleh santri kepada mitra tutur
sehingga penelitian selanjutnya disarankan mampu membahas permasalahan
tersebut.